Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka, Kreativitas Guru, dan Metode Pembelajaran Peer Teaching terhadap Motivasi Belajar Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto

WIDYANINGSIH, Sri Ayu (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka, Kreativitas Guru, dan Metode Pembelajaran Peer Teaching terhadap Motivasi Belajar Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf

Download (9MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf

Download (10MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf

Download (8MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf

Download (10MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif pada siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka, Kreativitas Guru, dan Metode Pembelajaran Peer Teaching terhadap Motivasi Belajar Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar; (2) Pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar; (3) Pengaruh metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) terhadap motivasi belajar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) SMK Negeri 1 Purwokerto tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 176 siswa. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 125 siswa yang diambil secara random dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji MSI, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum merdeka berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto, (2) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto, (3) Metode pembelajaran peer teaching berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara mengemas kegiatan belajar menjadi lebih menarik, memberikan pertanyaan yang dapat memotivasi siswa dalam belajar, mengaitkan materi pembelajaran dengan masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar, menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24295
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka; Kreativitas Guru; Metode Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya); Motivasi Belajar
Subjects: C > C1018 Curriculum planning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Sri Ayu Widyaningsih
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:22
Last Modified: 08 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item