WIDYANINGSIH, Sri Ayu (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka, Kreativitas Guru, dan Metode Pembelajaran Peer Teaching terhadap Motivasi Belajar Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Download (9MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Download (10MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Download (8MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Download (10MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sri Ayu Widyaningsih-C1L020005-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif pada siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka, Kreativitas Guru, dan Metode Pembelajaran Peer Teaching terhadap Motivasi Belajar Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar; (2) Pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar; (3) Pengaruh metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) terhadap motivasi belajar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) SMK Negeri 1 Purwokerto tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 176 siswa. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 125 siswa yang diambil secara random dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji MSI, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum merdeka berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto, (2) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto, (3) Metode pembelajaran peer teaching berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Purwokerto. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara mengemas kegiatan belajar menjadi lebih menarik, memberikan pertanyaan yang dapat memotivasi siswa dalam belajar, mengaitkan materi pembelajaran dengan masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar, menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24295 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka; Kreativitas Guru; Metode Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya); Motivasi Belajar |
Subjects: | C > C1018 Curriculum planning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Sri Ayu Widyaningsih |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:22 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:22 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27742 |
Actions (login required)
View Item |