Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Gaya Belajar Model KOLB dengan Nilai Ujian Identifikasi Anatomi Mahasiswa Kedokteran Umum FK UNSOED Angkatan 2023

RIYANTO, Candika Hamam Rozan Nanda (2024) Hubungan Gaya Belajar Model KOLB dengan Nilai Ujian Identifikasi Anatomi Mahasiswa Kedokteran Umum FK UNSOED Angkatan 2023. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2025.

Download (144kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2025.

Download (565kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2025.

Download (328kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Candika Hamam Rozan Nanda Riyanto-G1A020115-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang cukup sering ditemukan dalam pembelajaran Anatomi Kedokteran adalah hasil ujian identifikasi yang kurang memuaskan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil ujian adalah penerapan gaya belajar mahasiswa. Kemungkinan terdapat perbedaan bermakna hasil ujian identifikasi Anatomi di antara kelompok mahasiswa dengan berbagai gaya belajar model Kolb (diverger, asimilator, konverger, dan akomodator). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan bermakna antara gaya belajar model Kolb dengan nilai ujian identifikasi Anatomi mahasiswa FK Unsoed angkatan 2023. Rancangan studi asosiatif dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada 129 mahasiswa FK Unsoed angkatan 2023 yang memenuhi kriteria inklusi dan dipilih melalui teknik total sampling. Data gaya belajar diambil menggunakan kuesioner Kolb Learning Style Inventory dan nilai ujian identifikasi Anatomi Blok 1.5 adalah data sekunder yang diambil dari database Departemen Anatomi FK Unsoed. Analisis bivariat menggunakan uji Kruskal Wallis dan dilanjutkan uji post-hoc dengan uji Mann-Whitney. Sebagian besar (29,5%) mahasiswa Kedokteran Umum FK Unsoed Angkatan 2023 memiliki gaya belajar asimilator, diikuti oleh konverger (27,9%), akomodator (24%) dan diverger (18,6%). Nilai ujian identifikasi Anatomi Blok 1.5 memiliki rerata 67,18 dengan nilai tertingginya 88,4 dan nilai terendahnya 19,7. Uji Kruskal�Wallis mendapatkan nilai p = 0,000. Uji post-hoc mendapati signifikansi terbesar pada perbandingan kelompok gaya belajar diverger dengan assimilator dan perbandingan kelompok gaya belajar diverger dengan konverger (p=0,000). Ada hubungan bermakna antara penerapan gaya belajar model Kolb dengan nilai ujian identifikasi Anatomi mahasiswa Kedokteran Umum FK Unsoed Angkatan 2023

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G24076
Uncontrolled Keywords: Anatomi, gaya belajar, model Kolb, ujian identifikasi
Subjects: C > C716 Concept learning
H > H301 Human anatomy
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Mr CANDIKA HAMAM ROZAN NANDA RIYANTO
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:13
Last Modified: 09 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27752

Actions (login required)

View Item View Item