AMALIA, Dina Nur (2024) Efisiensi Pemasaran Kentang di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Download (242kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2025. Download (140kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (262kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (400kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Download (238kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Download (254kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dina Nur Amalia-A1A020077-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
Abstract
Kentang merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral serta memiliki peluang besar untuk dikembangkan dalam skala agribisnis. Desa Pranten merupakan daerah sentra produksi kentang yang ada di Kecamatan Bawang. Beragamnya saluran pemasaran serta tempat penjualan kentang menyebabkan perbedaan harga yang diterima petani, ketergantungan petani kepada pedagang perantara langganan yang menyebabkan petani tidak dapat mengontrol harga pasar, dan menyebabkan rendahnya keuntungan yang diterima petani. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pola saluran pemasaran kentang di Desa Pranten, (2) menghitung besarnya margin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran kentang di Desa Pranten, (3) menghitung farmer’s share, biaya pemasaran dan persentase keuntungan pada setiap saluran pemasaran kentang di Desa Pranten, (4) menganalisis saluran yang paling efisien untuk pemasaran kentang di Desa Pranten. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Maret sampai April tahun 2024. Metode pengambilan sampel petani menggunakan Simple Random Sampling, sedangkan penentuan lembaga pemasaran menggunakan teknik Snowball Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktiptif untuk mengetahui saluran pemasaran dan fungsi pemasaran, analisis margin pemasaran, farmer’s share, perhitungan persentase keuntungan dan biaya pemasaran, serta perhitungan indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) saluran I melalui tiga lembaga pemasaran (petani – pedagang pengumpul - pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen) memiliki nilai margin pemasaran sebesar Rp8.837/kg dengan proporsi 28,53% biaya dan 71,47% keuntungan, saluran II melalui satu lembaga pemasaran (petani – pedagang pengecer – konsumen) memiliki margin pemasaran sebesar Rp2.600/kg dengan proporsi 45,65% biaya dan 54,35% keuntungan, saluran III melalui dua lembaga pemasaran (petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen) memiliki nilai margin pemasaran Rp3.160/kg dengan proporsi 40,50% biaya dan 59,50% keuntungan, saluran IV melalui dua lembaga pemasaran (petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen) memiliki margin pemasaran Rp4.000/kg dengan proporsi 36,20% biaya dan 63,80% keuntungan. (2) Nilai farmer’s share saluran II tertinggi dengan nilai 78,33%, dilanjut saluran III dengan nilai 73,67%, kemudian saluran IV dengan nilai 69%, dan saluran I sebesar 50,91%. (3) Berdasarkan nilai indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis saluran I merupakan saluran pemasaran paling efisien, dengan nilai indeks efisiensi teknis terkecil yaitu Rp8,21/kg/km dan memiliki indeks efisiensi ekonomis terbesar yaitu Rp2,50/kg. Sekaligus serapan pasar terbesar di antara saluran pemasaran yang lain, dengan total serapan pasar mencapai 150 ton kentang per bulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24184 |
Uncontrolled Keywords: | Kentang, Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran Kentang |
Subjects: | F > F60 Farm pro duce Marketing P > P455 Potatoes |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Dina Nur Amalia |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28135 |
Actions (login required)
View Item |