SETIANI, Okta Dwi (2024) Studi Semiotika Jean Baudrillard Terhadap Iklan Sampo Lifebuoy: Akar Kuat Di Bulan Suci. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER_COVER-Okta_Dwi Setiani-F1C020014_Skripsi-2024..pdf Download (130kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. HALAMAN PENGESAHAN_Okta-Dwi-Setiani-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK_Okta Dwi Setiani-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Download (219kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB-I-Okta Dwi Setaini-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (198kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB-II-Okta Dwi Setaini-F1C020014-SKRIPSI-2024-20-35.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (257kB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB-III-Okta Dwi Setaini-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2025. Download (193kB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Okta Dwi Setaini-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB-V-Okta Dwi Setaini-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Download (180kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Okta Dwi Setaini-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Download (186kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Okta Dwi Setaini-F1C020014-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
Abstract
Hiperrealitas dan simulakra merujuk pada representasi yang tidak lagi membedakan antara realitas dan semu, melainkan menciptakan realitas baru dalam dirinya sendiri. Hal ini mengarah pada kondisi di mana realitas disimulasikan dengan begitu meledak-ledak, sehingga mengaburkan perbedaan antara realitas asli dan representasinya. Adapun bentuk ledakan simulasi tersebut terdapat pada tayangan iklan Sampo Lifebuoy: “Akar Kuat di Bulan Suci” yang kerap kali mengadopsi tanda- tanda semiotika dan mengaburkan nilai asli yang menjadi realitasnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tanda-tanda dan simbol-simbol yang digunakan dalam budaya kontemporer, khususnya postmodern yang mampu melahirkan persepsi mengenai realitas. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Semiotika perspektif Jean Baudrillard. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi serta buku, literatur, internet, media, dokumen dan lain sebagainya mengenai informasi informasi yang terkait dengan penelitian. Dengan model analisis semiotika Jean Baudrillard yang terdiri atas pengumpulan data, Identifikasi Tanda-Tanda (sign), Pemetaan Simulasi dan Hiperrealitas, Analisis Proses Simulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan adanya hiperrealitas dan simulakra yang ditunjukkan pada scene iklan, sebab didalamnya terdapat simbol-simbol dan tanda- tanda semiotika yang mencirikan sebuah konsumsi media di era postmodern. Terdapat ledakan-ledakan semiotika yang terkonstruksi sedemikian rupa menyebabkan pengaburan makna asli sesungguhnya dari sebuah iklan, hingga menggeser makna asli dengan sebuah “simbol” yang melahirkan budaya simulasi. Hal ini ditandai dengan sulitnya pemirsa dalam membedakan dunia nyata dan dunia maya yang mereka bangun sendiri, salah satunya yakni bercerita dalam kolom komentar, mendoakan sosok ibu hingga meninggalkan makna iklan sehingga justru lebih fokus pada konsumsi tanda ketimbang makna asli sebuah iklan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24272 |
Uncontrolled Keywords: | Hiperrealitas, tanda, semiotika, iklan, Jean Baudrillard. |
Subjects: | S > S210 Semiotics T > T95 Television advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs. Okta Dwi Setiani |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:17 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28193 |
Actions (login required)
View Item |