ARIYANTO, Adi Nova (2024) Pengaruh Literasi Digital Guru, Contextual Teaching and Learning dan Manajemen Kelas Terhadap Minat Belajar Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (217kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-SKRIPSI-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (249kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (303kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (396kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2025. Download (470kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (256kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (281kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adi Nova Ariyanto-C1L020035-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital, Contextual Teaching and Learning (CTL) dan manajemen kelas terhadap minat belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturraden sejumlah 143 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 60 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Instrumen penelitian dianalisis menggunakan Metode Suksesif Interval (MSI), uji validitas, dan uji reliabilitas. Selain itu, penelitian ini juga melakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji F, analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) literasi digital guru, Contextual Teaching and Learning (CTL), manajemen kelas bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat belajar. (2) literasi digital guru berpengaruh positif terhadap minat belajar, (3) Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif terhadap minat belajar (4) manajemen kelas berpengaruh positif terhadap minat belajar. Implikasi dari penelitian ini yaitu: guru diharapkan menguasai literasi digital dalam proses belajar mengajar. Guru diharapkan dapat menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan maksimal agar dapat menciptakan suasan belajar yang aktif, sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Guru dan siswa bersinergi dalam manajemen kelas untuk kenyamanan dalam belajar sehingga minat belajar terbentuk. Kata kunci: Minat Belajar, Literasi Digital Guru, Contextual Teaching and Learning (CTL), Manajemen Kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24390 |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Literasi Digital Guru, Contextual Teaching and Learning (CTL), Manajemen Kelas. |
Subjects: | M > M567 Motivation Psychology S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr. Adi Nova Ariyanto |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:08 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28627 |
Actions (login required)
View Item |