NURNAENI, Azizah (2024) Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X-9 di SMA Negeri 1 Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Download (205kB) |
|
PDF (BabI)
BAB.I-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2025. Download (218kB) |
|
PDF (BabII)
BAB.II-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2025. Download (306kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB.III-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2025. Download (236kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB.IV-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB.V-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Download (208kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Download (365kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Azizah Nurnaeni-J1D020059-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Nurnaeni, Azizah. 2024. Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X-9 di SMA Negeri 1 Banjarnegara. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran menulis teks biografi di kelas X-9 SMA Negeri 1 Banjarnegara. Berlatar belakang dari pentingnya keterampilan menulis pada pembelajaran teks biografi pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, asesmen, kendala, serta solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang terjadi pada proses pembelajaran menulis teks biografi di kelas X-9 SMA Negeri 1 Banjarnegara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X-9 di SMA Negeri 1 Banjarnegara adalah merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun alur tujuan pembelajaran, merancang pembelajaran serta asesmen. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tahap kegiatan awal, inti, dan penutup. Asesmen formatif yang dilakukan oleh guru dalam bentuk tugas dan project. Guru mengalami kendala dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menulis teks biografi di kelas X-9 berlangsung. Solusi yang dilakukan oleh guru secara keseluruhan adalah dengan dengan melakukan evaluasi diri atau refleksi untuk membangun proses pembelajaran selanjutnya yang lebih baik lagi, serta mengikuti komunitas belajar sebagai wujud dari pengembangan diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24212 |
Uncontrolled Keywords: | menulis, pembelajaran, teks biografi |
Subjects: | B > B159 Biography H > H123 High school students W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs. Azizah Nurnaeni |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 07:10 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 07:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28816 |
Actions (login required)
View Item |