Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Konsep Ikigai Pada Profesi Influencer Dalam Dorama “Kikazaru Koi Ni Wa Riyuu Ga Atte” Dengan Pendekatan Teori Semiotika Roland Barthes

GHASSANI, Kesyha Niswah (2024) Analisis Konsep Ikigai Pada Profesi Influencer Dalam Dorama “Kikazaru Koi Ni Wa Riyuu Ga Atte” Dengan Pendekatan Teori Semiotika Roland Barthes. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
file cover.pdf

Download (349kB)
[img] PDF (Legalitas)
file legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
file abstrak.pdf

Download (672kB)
[img] PDF (BabI)
file bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] PDF (BabII)
file bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] PDF (BabIII)
file bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] PDF (BabV)
file bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
file bab 5.pdf

Download (557kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
file daftar pustaka.pdf

Download (736kB)
[img] PDF (Lampiran)
file lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikigai adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti kepuasan dan makna hidup. Secara harfiah, ikigai berasal dari kata “iki” yang berarti hidup dan “gai” yang berarti nilai, sehingga “Ikigai” bisa diartikan sebagai alasan kita hidup dan nilai hidup yang akan dijalani, pada pilar ke empat ikigai menurut Mogi (2018) kebahagiaan bisa didapat melalui hal hal kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ikigai dalam karakter influencer pada dorama Kikazaru Koi Ni Wa Riyuu Ga Atte. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa scene dan dialog yang dilakukan oleh tokoh Mashiba Kurumi dorama Kikazaru Koi Ni Wa Riyuu Ga Atte sebagai sumber data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika oleh Roland Barthes yang menjabarkan denotasi, konotasi dan mitos. Dari penelitian ditemukan 5 tanda kebahagiaan menurut Ikigai pada pilar keempat dalam karakter influencer yaitu kebahagian melalui alam, membangun kebahagian dengan hubungan sosial, membahagiakan diri sendiri, bahagia bersama dengan orang yang membuatnya nyaman dan menemukan kebahagiaan dari hal baru. Berdasarkan analisis kebahagian Mashiba terbanyak melalui bersama dengan orang yang membuatnya nyaman dan mencoba hal hal baru, 2 tanda tersebut menjadi hal penting pada konsep ikigai Mashiba. Kebersamaan dengan orang yang memberinya kenyamanan memberikan dukungan emosional yang memperkuat motivasinya, sementara mencoba hal-hal baru menambah makna dan tujuan dalam pekerjaannya, memungkinkan Mashiba untuk terus berkembang dan berhasil dalam profesinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24224
Uncontrolled Keywords: Ikigai, semiotika Roland Barthes, influencer
Subjects: A > A520 Arts Literacy Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Mrs Kesyha Niswah Ghassani
Date Deposited: 22 Aug 2024 10:30
Last Modified: 22 Aug 2024 10:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29202

Actions (login required)

View Item View Item