GHASSANI, Kesyha Niswah (2024) Analisis Konsep Ikigai Pada Profesi Influencer Dalam Dorama “Kikazaru Koi Ni Wa Riyuu Ga Atte” Dengan Pendekatan Teori Semiotika Roland Barthes. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
file cover.pdf Download (349kB) |
|
PDF (Legalitas)
file legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
file abstrak.pdf Download (672kB) |
|
PDF (BabI)
file bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
PDF (BabII)
file bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
|
PDF (BabIII)
file bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
PDF (BabV)
file bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
file bab 5.pdf Download (557kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
file daftar pustaka.pdf Download (736kB) |
|
PDF (Lampiran)
file lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ikigai adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti kepuasan dan makna hidup. Secara harfiah, ikigai berasal dari kata “iki” yang berarti hidup dan “gai” yang berarti nilai, sehingga “Ikigai” bisa diartikan sebagai alasan kita hidup dan nilai hidup yang akan dijalani, pada pilar ke empat ikigai menurut Mogi (2018) kebahagiaan bisa didapat melalui hal hal kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ikigai dalam karakter influencer pada dorama Kikazaru Koi Ni Wa Riyuu Ga Atte. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa scene dan dialog yang dilakukan oleh tokoh Mashiba Kurumi dorama Kikazaru Koi Ni Wa Riyuu Ga Atte sebagai sumber data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika oleh Roland Barthes yang menjabarkan denotasi, konotasi dan mitos. Dari penelitian ditemukan 5 tanda kebahagiaan menurut Ikigai pada pilar keempat dalam karakter influencer yaitu kebahagian melalui alam, membangun kebahagian dengan hubungan sosial, membahagiakan diri sendiri, bahagia bersama dengan orang yang membuatnya nyaman dan menemukan kebahagiaan dari hal baru. Berdasarkan analisis kebahagian Mashiba terbanyak melalui bersama dengan orang yang membuatnya nyaman dan mencoba hal hal baru, 2 tanda tersebut menjadi hal penting pada konsep ikigai Mashiba. Kebersamaan dengan orang yang memberinya kenyamanan memberikan dukungan emosional yang memperkuat motivasinya, sementara mencoba hal-hal baru menambah makna dan tujuan dalam pekerjaannya, memungkinkan Mashiba untuk terus berkembang dan berhasil dalam profesinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24224 |
Uncontrolled Keywords: | Ikigai, semiotika Roland Barthes, influencer |
Subjects: | A > A520 Arts Literacy Semiotics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Mrs Kesyha Niswah Ghassani |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 10:30 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 10:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29202 |
Actions (login required)
View Item |