MAKHSUNAH, May Sita (2024) Analisis Keputusan Pembelian Sayuran Melalui E-commerce di Daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Download (153kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk dalam cara penjualan dan pembelian sayuran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan mengidentifikasi pengaruh produk, harga, kepercayaan, pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian sayuran melalui e-commerce di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Penelitian ini menggunakan metode survei dengan 100 responden yang dipilih menggunakan teknik quota sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif serta regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM Statistics versi 26. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan mengevaluasi pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen adalah perempuan dengan rentang usia dominan antara 20-26 tahun, berpendidikan terakhir S1 dan bekerja sebagai pegawai swasta dengan dominan pendapatan lebih dari Rp5.000.000,00 per bulan. Frekuensi penggunaan e-commerce cenderung jarang (1 kali per bulan) dan e-commerce yang paling banyak digunakan berturut-turut adalah Shopee, Sayurbox, dan Tokopedia. Mayoritas berstatus sudah menikah. Keputusan pembelian sayuran melalui e-commerce dipengaruhi oleh produk, pelayanan, dan promosi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, harga dan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Model penelitian ini dapat menjelaskan 40,7 persen variasi dalam keputusan pembelian berdasarkan nilai Adjusted R Square. E-commerce dapat meningkatkan layanan dan strategi pemasaran untuk memenuhi harapan konsumen dan meningkatkan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24390 |
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, Internet, Keputusan Pembelian |
Subjects: | E > E167 Electronic commerce V > V31 Vegetables |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs May Sita Makhsunah |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 06:30 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 06:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29235 |
Actions (login required)
View Item |