Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Keputusan Pembelian Sayuran Melalui E-commerce di Daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi

MAKHSUNAH, May Sita (2024) Analisis Keputusan Pembelian Sayuran Melalui E-commerce di Daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-May Sita Makhsunah-A1G022008-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk dalam cara penjualan dan pembelian sayuran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan mengidentifikasi pengaruh produk, harga, kepercayaan, pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian sayuran melalui e-commerce di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Penelitian ini menggunakan metode survei dengan 100 responden yang dipilih menggunakan teknik quota sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif serta regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM Statistics versi 26. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan mengevaluasi pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen adalah perempuan dengan rentang usia dominan antara 20-26 tahun, berpendidikan terakhir S1 dan bekerja sebagai pegawai swasta dengan dominan pendapatan lebih dari Rp5.000.000,00 per bulan. Frekuensi penggunaan e-commerce cenderung jarang (1 kali per bulan) dan e-commerce yang paling banyak digunakan berturut-turut adalah Shopee, Sayurbox, dan Tokopedia. Mayoritas berstatus sudah menikah. Keputusan pembelian sayuran melalui e-commerce dipengaruhi oleh produk, pelayanan, dan promosi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, harga dan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Model penelitian ini dapat menjelaskan 40,7 persen variasi dalam keputusan pembelian berdasarkan nilai Adjusted R Square. E-commerce dapat meningkatkan layanan dan strategi pemasaran untuk memenuhi harapan konsumen dan meningkatkan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A24390
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Internet, Keputusan Pembelian
Subjects: E > E167 Electronic commerce
V > V31 Vegetables
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs May Sita Makhsunah
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:30
Last Modified: 22 Aug 2024 06:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29235

Actions (login required)

View Item View Item