RAHMATIKA, Anung Anindhita Ika (2017) Tingkat Kepuasan Pelanggan Program Listrik Prabayar di PT. PLN (Persero ) Rayon Kudus Kota. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (20MB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (20MB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (20MB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Listrik Prabayar merupakan inovasi dari PLN di mana pelanggan listrik prabayar mengeluarkan biaya terlebih dahulu untuk membeli energi listrik yang akan dikonsumsinya. Dengan demikian, setiap pelanggan prabayar bisa mengendalikan sendiri penggunaan listrik sesuai kebutuhan dan kemampuannya masing-masing. Program Listrik Prabayar (LPB ) mulai ada di Rayon Kudus Kota sejak tahun 2010 dan terus mengalami peningkatan jumlah pelanggan setiap tahunnya. Peningkatan tersebut menunjukkan minat masyarakat yang sangat besar terhadap program LPB ini, apalagi dengan adanya kebijakan dari PLN yang mewajibkan setiap pelanggan barunya langsung menggunakan jenis tarif listrik prabayar. Oleh karenanya, perlu diadakan penelitian untuk mengkaji kepuasan pelanggan program listrik prabayar tersebut. Lokasi penelitian ini dilakukan di wilayah PT. PLN (Persero) Rayon Kudus Kota dengan sasaran penelitian para pelanggan listrik prabayar sebanyak 100 orang responden, terdiri dari 90 pelanggan rumah tangga, 8 pelanggan bisnis, dan 2 pelanggan kategori sosial. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Variabel yang digunakan yaitu Kepuasan Pelanggan Program Listrik Prabayar yang terdiri dari lima dimensi, yaitu: keandalan (reliability ), cepat tanggap (responsiveness ), jaminan (assurance ), empati (emphaty ), dan bukti langsung (tangibles). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan korelasi Product Moment, dan reliabilitas data menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan merasa “puas” terhadap adanya program listrik prabayar. Kelima dimensi dalam penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan nilai yang positif terhadap kepuasan pelanggan program listrik prabayar. Seluruh item pertanyaan juga menunjukkan hasil yang positif. Para responden secara garis besar merasa puas terhadap program listrik prabayar. Meskipun demikian, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan. PLN perlu melakukan sosialisasi lebih lanjut mengenai kelebihan dan kelemahan program listrik prabayar sehingga pelanggan lebih mengerti dan tidak merasa terbebani dengan inovasi PLN tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17250 |
Uncontrolled Keywords: | kepuasan pelanggan, listrik prabayar, keandalan, cepat tanggap, jaminan, empati, bukti langsung. |
Subjects: | P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 07:05 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 08:39 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2935 |
Actions (login required)
View Item |