Tingkat Kepuasan Pelanggan Program Listrik Prabayar di PT. PLN (Persero ) Rayon Kudus Kota

RAHMATIKA, Anung Anindhita Ika (2017) Tingkat Kepuasan Pelanggan Program Listrik Prabayar di PT. PLN (Persero ) Rayon Kudus Kota. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Listrik Prabayar merupakan inovasi dari PLN di mana pelanggan listrik prabayar mengeluarkan biaya terlebih dahulu untuk membeli energi listrik yang akan dikonsumsinya. Dengan demikian, setiap pelanggan prabayar bisa mengendalikan sendiri penggunaan listrik sesuai kebutuhan dan kemampuannya masing-masing. Program Listrik Prabayar (LPB ) mulai ada di Rayon Kudus Kota sejak tahun 2010 dan terus mengalami peningkatan jumlah pelanggan setiap tahunnya. Peningkatan tersebut menunjukkan minat masyarakat yang sangat besar terhadap program LPB ini, apalagi dengan adanya kebijakan dari PLN yang mewajibkan setiap pelanggan barunya langsung menggunakan jenis tarif listrik prabayar. Oleh karenanya, perlu diadakan penelitian untuk mengkaji kepuasan pelanggan program listrik prabayar tersebut. Lokasi penelitian ini dilakukan di wilayah PT. PLN (Persero) Rayon Kudus Kota dengan sasaran penelitian para pelanggan listrik prabayar sebanyak 100 orang responden, terdiri dari 90 pelanggan rumah tangga, 8 pelanggan bisnis, dan 2 pelanggan kategori sosial. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Variabel yang digunakan yaitu Kepuasan Pelanggan Program Listrik Prabayar yang terdiri dari lima dimensi, yaitu: keandalan (reliability ), cepat tanggap (responsiveness ), jaminan (assurance ), empati (emphaty ), dan bukti langsung (tangibles). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan korelasi Product Moment, dan reliabilitas data menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan merasa “puas” terhadap adanya program listrik prabayar. Kelima dimensi dalam penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan nilai yang positif terhadap kepuasan pelanggan program listrik prabayar. Seluruh item pertanyaan juga menunjukkan hasil yang positif. Para responden secara garis besar merasa puas terhadap program listrik prabayar. Meskipun demikian, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan. PLN perlu melakukan sosialisasi lebih lanjut mengenai kelebihan dan kelemahan program listrik prabayar sehingga pelanggan lebih mengerti dan tidak merasa terbebani dengan inovasi PLN tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17250
Uncontrolled Keywords: kepuasan pelanggan, listrik prabayar, keandalan, cepat tanggap, jaminan, empati, bukti langsung.
Subjects: P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:05
Last Modified: 23 Jun 2022 08:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2935

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year