Yuliani, Andrea (2024) Kelayakan Bahasa dan Stimulus Penyelesaian Masalah pada Buku Ajar Bahasa Indonesia kelas VII SMP Terbitan Kemendikbud. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Download (268kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Download (362kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2025. Download (255kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2025. Download (425kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2025. Download (519kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Download (361kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Andrea Yuliani-J1D020055-Skripsi-2020.pdf Download (363kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatarbelakangi kelayakan Bahasa dan stimulus penyelesaian masalah pada buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII SMP terbitan kemendikbud. Permasalahan yang ada didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Bahasa dan stimulus penyelesaian masalah yang ada dimiliki oleh guru untuk dikembangkan kepada peserta didik melalui buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahasa dan stimulus penyelesaian masalah pada buku ajar. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian adalah buku ajar Bahasa Indonesia kela VII SMP terbitan kemendikbud. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa check-list. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan tahapan; reduksi data, penyajian atau display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kelayakan Bahasa pada buku ajar Bahasa Indonesia memiliki nilai rata-rata 18 dengan nilai persentase 75% dan dikategorikan layak untuk proses belajar mengajar, dan memunculkan stimulus penyelesaian masalah yang baik pada buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII SMP terbitan kemendikbud. Berdasarkan uraian tersebut, stimulus penyelesaian masalah pada buku ajar layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24253 |
Uncontrolled Keywords: | kelayakan Bahasa, buku ajar, stimulus, penyelsesaian masalah. language feasibility, textbooks, stimulus, problem solving |
Subjects: | I > I79 Indonesia L > L50 Language and culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs. Andrea Yuliani |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:23 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29591 |
Actions (login required)
View Item |