AULIA, Nabila Rifdah (2024) Implementasi Segmentasi Nasabah pada Pegadaian Area Purwokerto Menggunakan K-Medoids dengan GUI berbasis Website Menggunakan Framework Streamlit. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Download (48kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 3 September 2025. Download (50kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 3 September 2025. Download (245kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 3 September 2025. Download (209kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Download (44kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Nabila Rifdah Aulia-H1D020073-Skripsi-2024.pdf Download (173kB) |
Abstract
Segmentasi merupakan strategi yang penting karena dapat sebagai data pendukung untuk mengetahui kebutuhan nasabah dan menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Saat ini Pegadaian Area Purwokerto masih melakukan strategi pemasaran yang dimana masih memiliki beberapa kekurangan dalam memaksimalkan potensi pasar yang ada. Hal ini tentunya masih kurang optimal dalam memenuhi kebutuhan dan harapan nasabah. Melalui penelitian ini, peneliti ingin membantu mengoptimalkan pemasaran untuk meningkatkan efisiensi strategi pemasaran dengan cara melakukan segmentasi menggunakan metode K-Medoids. Jumlah kelas (k) paling optimal diperoleh dari metode Silhouette coefficient dengan nilai k=3. Hasil klasterisasi membentuk 3 segmen nasabah dengan cluster pertama 1960 nasabah yang cenderung memilih produk untuk tujuan investasi, cluster kedua 2315 nasabah yang cenderung memilih produk gadai untuk kebutuhan modal atau keperluan usaha dan cluster ketiga 1601 nasabah yang cenderung memilih produk gadai untuk kebutuhan sehari-hari atau keperluan mendesak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi nasabah mampu memberikan wawasan dan keputusan strategi pemasaran yang menjadi lebih terarah dan efisien serta mengembangkan Graphical User Interface (GUI) berbasis website menggunakan framework streamlit untuk memudahkan user dalam melihat hasil klasterisasi dengan mudah dan interaktif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24353 |
Uncontrolled Keywords: | Graphical User Interface (GUI), K-Medoids, Segmentasi Nasabah |
Subjects: | C > C690 Computer programming |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Nabila Rifdah Aulia |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 01:01 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 01:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29784 |
Actions (login required)
View Item |