SULAEMAN, Haikal Nadhil (2024) Usulan Perbaikan Kinerja Perusahaan menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Analytic Network Process (ANP) (Studi Kasus: CV. XYZ). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Download (299kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2025. Download (276kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2025. Download (383kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2025. Download (620kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
PDF (BabVI)
BAB VI-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Download (257kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Download (261kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Haikal Nadhil Sulaeman-H1E020061-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
CV. XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi kantong plastik untuk kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan berfokus pada aktivitas rantai pasok. Aktivitas ini memiliki beberapa permasalahan seperti terlambatnya bahan mentah, mesin yang sering rusak, dan sebagainya yang dapat menyebabkan barang terlambat sampai ke konsumen serta kurangnya aturan dalam menaati SOP pada aktivitas perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan melakukan pengukuran kinerja perusahaan di CV. XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan guna mengidentifikasi indikator yang menjadi prioritas perbaikan serta memberikan rekomendasi perbaikan. Pengukuran kinerja perusahaan dilakukan dengan metode Balanced Scorecard (BSC) untuk menetukan kriteria serta KPI dan ANP untuk pembobotan hierarki KPI. Hasil penelitian kemudian dianalisis akar menggunakan 5 whys analysis untuk menetukan akar permasalahan dari skor bobot terkecil. Penelitian ini menggunakan 4 kriteria dari BSC, yaitu financial, customer, internal business process, dan learning and growth, serta didapatkan 10 KPI. Hasil indeks perhitungan total keseluruhan kinerja perusahaan didapatkan bobot terbesar pada kriteria atau perspektif learning and growth dengan bobot 1,6301409 dan bobot terkecil pada kriteria atau perspektif customer dengan bobot 0,054811778 dan total bobot keseluruhan sebesar 3,0230055 atau 60,4% yang menunjukkan bahwa kinerja Perusahaan tersebut berada dalam kategori mendekati target. Rekomendasi diberikan kepada bobot terkecil yaitu kriteria customer. Sebagai contoh perbaikan adalah dengan melakukan pelatihan terhadap karyawan serta melakukan pengawasan dalam aktivitas perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24362 |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Perusahaan, Balanced Scorecard, Analysis Network Process, 5 Whys Analysis, Key Performance Indicator |
Subjects: | L > L241 Limited liability companies P > P142 Performance |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Mr Haikal Nadhil Sulaeman |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 01:03 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 01:03 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29925 |
Actions (login required)
View Item |