SAPUTRA, Tiyan (2020) Pengembangan Desain Kemasan Ramah Lingkungan untuk Produk Makanan Khas Daerah Getuk Goreng Berdasarkan Trend di Twitter dengan Metode Kansei Engineering. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Download (379kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Download (293kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only until 16 October 2025. Download (897kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Download (223kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTARPUSTAKA-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Download (683kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-TiyanSaputra-A1C016009-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penerapan inovasi untuk mengembangkan kemasan getuk goreng sebagai produk makanan khas daerah perlu dilakukan. Inovasi ini berdasarkan pada permintaan dari pembeli dengan harapan besar dapat memenangkan persaingan dengan usaha lain, meningkatkan penjualan dan laba. Penelitian ini bertujuan mengidentifik:asi kansei words desain kemasan ramah lingkungan produk getuk goreng, mengetahui elemen (atribut) desain kemasan getuk goreng yang mempengaruhi kansei konsumen, serta merancang pengembangan desain kemasan getuk goreng berdasarkan kansei konsumen. Variabel yang diamati adalah variabel independent (atribut kemasan) dan variabel dependent (keseluruhan respon dari sekian atribut kemasan). Dalam penelitian ini trend Twiter sebagai dasar penentuan kansei words dan survei kemasan sejenis dilakukan guna menentukan elemen (atribut) desain kemasan. Metode Kansei Engineering digunakan dalam rnenterjemahkan kebutuhan emosional (kesan, perasaan, dan permintaan) konsumen getuk goreng ke dalam parameter desain yang konkrit. Analisis data lanjutan dilakukan dengan PCA (Principal Component Analysis), Factor Analysis (FA), dan PLS (Partial Least Square) guna sebagai dasar matematis penentuan rancangan pengembangan desain kemasan ramah lingkungan getuk goreng. Hasil penelitian ini didapat sejumlah 30 kata kansei konsumen, 7 atribut/elemen desain, dan sejumlah rancangan desain kemasan ramah lingkungan yang mungkin untuk produk makanan khas daerah getuk goreng.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A20087 |
Uncontrolled Keywords: | Kemasan, Getuk Goreng, Kansei Konsumen, Elemen/Atribut, Kategori, dan Kansei Engineering. |
Subjects: | F > F264 Food Packaging |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:38 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30130 |
Actions (login required)
View Item |