LARASSATI, Elsa Lufita (2017) Studi Evaluasi Pada Pelaksanaan Program City Branding “Better Banyumas” Sebagai Pembentuk City Identity. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1 cover.pdf Download (968kB) |
|
PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (995kB) |
|
PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf Download (972kB) |
|
PDF (BabI)
4 Bab1.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
5 bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
6 bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2025. Download (997kB) |
|
PDF (BabIV)
7 bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8 bab 5.pdf Download (980kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf Download (979kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
Abstract
Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam usahanya membentuk identitas kota melalui program city branding dengan berbagai kajian dari setiap elemen-elemen yang ada di Kabupaten Banyumas, seperti aspek budaya, aspek perekonomian, aspek kebijakan publik, hingga aspek penataan tata wilayah kota. Jurnal ini secara khusus membahas mengenai bagaimana evaluasi secara menyeluruh dari program city branding Better Banyumas yang sudah dilaksanakan dari kuartal pertama tahun 2015 hingga akhir tahun 2017 dengan menggunakan metode evaluasi model CIPP atau context, input, process, product. Alasan menggunakan model CIPP adalah karena model ini sangat cocok untuk mengetahui sejauh mana program ini berjalan dari mulai embrio program tersebut hinggal implementasi juga hasil akhirnya. City branding merupakan tindakan dan program yang disiapkan dan perlu ditindaklanjuti sebagai hasil (Kavaratzis, 2007). Tindakan dan program tersebut meliputi menyiapkan sumber daya manusia, kualitas pemerintah dan panitia terkait, kualitas hidup masyarakat, kualitas fisik kota, dan citra dari kota itu sendiri yang menunjukan identitas Kabupaten Banyumas dalam pengertian Better Banyumas. Evaluasi ini dilakukan untuk memberikan reverensi kepada pemerintah agar program city branding yang memiliki skala besar ini bisa ditindaklanjuti lebih serius. Setelah dilakukan evaluasi dengan model CIPP ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa program city branding Better Banyumas ini adalah gagal yang lebih khususnya adanya kegagalan pemerintah dalam pelaksanaan program yang seharusnya berkelanjutan ini tidak digarap dengan serius dan akhirnya menyebabkan kegagalan bersama yang harus ditanggung oleh masyarakat. Disebut gagal karena program ini tidak sesuai dengan konsep city branding yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | tidak ada |
Uncontrolled Keywords: | city branding, city identity, studi evaluasi, model CIPP |
Subjects: | B > B337 Brand name products C > C419 City and town life |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:41 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30183 |
Actions (login required)
View Item |