HOLONG, Pirman (2024) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Download (296kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Pirman Holong-C1C020082-Skripsi-2024.pdf Download (280kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Pirman Holong-C1C020082-2024.pdf Download (265kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Pirman Holong-C1C020082-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023. Penelitian ini menggunakan dua teori sebagai dasar penelitiannya yaitu teori stakeholder dan teori sinyal. Teori stakeholder adalah teori yang menjelaskan tentang pihak mana saja yang hak-haknya harus ditegakkan oleh perusahaan karena memliki pengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Teori sinyal berbicara tentang suatu sinyal yang diberikan oleh pihak pengirim informasi dan berupaya untuk bagaimana informasi tersebut tersampaikan kepada penerima informasi. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa financial report, annual report dan sustainability report setiap perusahaan. Perusahaan yang diteliti berjumlah 71 perusahaan dalam periode penelitian selama 3 tahun. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 213 populasi. Angka tersebut didapatkan dengan mengalikan 71 perusahaan selama 3 periode. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 sampel penelitian karena dari 71 perusahaan, hanya 50 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan teknik sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Perusahaan yang lolos kriteria sampel adalah perusahaan sektor energi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023 dan melaporkan financial report, annual report dan sustainability report dalam periode tersebut. Variabel corporate social responsibility diukur dengan menggunakan variabel dummy dengan acuan indeks yaitu berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) 16/SEOJK.04.2021. Terdapat 50 item berbeda yang dapat diukur menggunakan indeks tersebut. Perusahaan sektor energi dalam sampel penelitian ini memiliki rata-rata pengungkapan CSR sebanyak 45 item. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan sektor energi sudah menerapkan kegiatan CSR sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan16/SEOJK.04.2021. Variabel nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Tobins’Q Ratio. Perusahaan sektor energi dalam sampel penelitian ini memiliki nilai rata-rata tobins’q sebesar 1,1008. Hal tersebut menunjukkan bahwa sektor energi yang terdaftar di BEI memiliki nilai perusahaan yang baik apabila diukur dengan Tobins’Q Ratio. Variabel profitabilitas dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio Return on Equity. Berdasarkan data pada Bursa Efek Indonesia (BEI), ditunjukkan bahwa emiten sektor energi yang listing di BEI mengalami penurunan laba pada tahun 2023. Fenomena tersebut menjadi hal yang cukup menarik untuk diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang digunakan untuk melihat karakteristik data. Teknik selanjutnya yaitu dilakukan uji asumsi klasik. Setelah itu analisis regresi linear sederhana yang digunakan untuk melihat pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Analisis regresi moderasi yang digunakan untuk melihat pengaruh profitabilitas dalam hubungan corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. Analisis terakhir yaitu melakukan pengujian uji goodness of fit, dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data sampel pada saat uji asumsi klasik dengan jumlah awal sebanyak 150 sampel, mendapatkan hasil bahwa data tidak berdistribusi secara normal. Hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan teknik outlier data. Teknik outlier data yaitu penghapusan data yang memiliki nilai sangat jauh berbeda dengan sekumpulan data lainnya. Setelah melakukan teknik outlier data, dihasilkanlah sebanyak 122 data yang dapat diolah dalam keadaan normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. (2) Profitabilitas memperlemah pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil pertama, dapat disimpulkan bahwa CSR yang baik akan meningkatkan nilai perusahaan sehingga mampu menarik investor yang ditandai dengan kenaikan harga saham. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian kedua, sektor energi dinilai memiliki hal khusus yaitu membutuhkan biaya diatas rata-rata jika dibanding sektor lain. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa dengan tingginya profitabilitas justru membuat lemahnya praktik CSR yang dilakukan perusahaan. Hasil tersebut menerima hipotesis pertama dalam penelitian ini, tetapi menolak hipotesis kedua. Implikasi dari penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan dapat mempertimbangkan pelaksanaan praktik CSR dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan nilai perusahaan terlebih dalam jangka panjang. Selain itu diharapkan perusahaan sektor energi mampu mengoptimalkan profit perusahaan yang ada, baik dalam membayar kewajiban, pengembalian ekuitas, maupun peningkatan aset.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24472 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan, Profitabilitas |
Subjects: | C > C857 Corporate culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Pirman Holong |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30296 |
Actions (login required)
View Item |