Salsabila, Dhinah Aulia (2024) Rancang Bangun Role Playing Game untuk Asesmen Awal Pembelajaran Mata Pelajaran Informatika Fase D. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Download (234kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Download (263kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2025. Download (265kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2025. Download (314kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2025. Download (299kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Download (241kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Download (254kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dhinah Aulia Salsabila-H1D020017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
Abstract
Informatika merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada tingkat SMP yang ada di dalam Kurikulum Merdeka. Namun, sebagian besar siswa masih menganggap bahwa Informatika merupakan mata pelajaran yang sulit. Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak beranggapan demikian. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, perlu dilakukan asesmen untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa. Asesmen awal pembelajaran dapat memudahkan guru untuk menganalisis kemampuan siswa agar siswa dapat belajar sesuai dengan capaian belajarnya. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis desktop untuk asesmen awal pembelajaran pada mata pelajaran Informatika agar lebih menyenangkan untuk siswa fase D kelas 7. Game dibuat menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle dan metode penelitian menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian yang dilakukan pada 30 siswa SMP Negeri 2 Kalimanah menunjukkan bahwa 90% siswa sangat setuju bahwa game Being a Hero dapat digunakan untuk asesmen awal pembelajaran pada mata pelajaran Informatika menjadi lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24363 |
Uncontrolled Keywords: | Asesmen, Game Development Life Cycle, Informatika, Kurikulum Merdeka, Role Playing Game, RPG Maker MV |
Subjects: | C > C716 Concept learning D > D119 Design |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Dhinah Aulia Salsabila |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:51 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:51 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30540 |
Actions (login required)
View Item |