YULIANA, Dhita Ardhia (2024) An Analysis of Students’ Difficulties in Reading Comprehension of Hortatory Exposition Text at SMAN 1 Randudongkal (Descriptive-Qualitative Research at Grade XI-9 of SMAN 1 Randudongkal in the Academic Year of 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Download (149kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (119kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (168kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (142kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Download (153kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dhita Ardhia Yuliana-J1E019032-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pemahaman bacaan memainkan peran penting dalam keberhasilan akademik siswa, terutama saat berhadapan dengan teks-teks kompleks seperti teks hortatory exposition. Penelitian ini berfokus pada analisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami teks hortatory exposition di SMAN 1 Randudongkal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pemahaman membaca teks hortatory exposition dan mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan siswa dalam pemahaman membaca teks hortatory exposition di kelas XI-9 SMAN 1 Randudongkal pada Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan instrumen yang meliputi kuesioner skala Likert dan wawancara semi-terstruktur untuk mengumpulkan data. Populasi terdiri dari 36 siswa dan 5 siswa yang dipilih secara purposive untuk wawancara. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data dari wawancara dianalisis dengan analisis tematik. Hasil wawancara menjawab pertanyaan penelitian pertama dengan mengidentifikasi lima kesulitan utama yang dihadapi siswa dalam memahami teks hortatory exposition, yaitu: a) pemahaman struktur teks, b) masalah kemampuan bahasa dan pemahaman teks, c) strategi membaca, d) kelancaran, dan e) faktor-faktor yang menyebabkan siswa tidak termotivasi. Sementara itu, hasil kuesioner menjawab pertanyaan penelitian kedua dengan menyoroti 5 faktor yang memengaruhi pemahaman membaca siswa: pengetahuan (66%), kosa kata (75%), kelancaran (68%), pemahaman (66%), dan motivasi (54%). Persentase tersebut menunjukkan siswa merasakan kesulitan yang cukup tinggi pada faktor tersebut, terutama kosa kata. Kesimpulannya, temuan ini memberikan gambaran komprehensif tentang tantangan yang dihadapi siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi kinerja membaca mereka. Penelitian ini menyarankan agar siswa meningkatkan pemahaman membaca mereka, guru lebih memperhatikan kesulitan yang dihadapi siswa, dan peneliti selanjutnya menggali lebih dalam aspek-aspek tantangan pemahaman membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24286 |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Membaca, Teks Hortatori Eksposisi, Kesulitan Siswa |
Subjects: | R > R106 Reading readiness |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Dhita Ardhia Yuliana |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 02:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 02:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30672 |
Actions (login required)
View Item |