Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Pemasaran Agroindustri Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Pada UD Usaha Mandiri di Desa Gumiwang, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara

SESILIA, Ribka (2024) Strategi Pemasaran Agroindustri Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Pada UD Usaha Mandiri di Desa Gumiwang, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf

Download (259kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (235kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (425kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (312kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf

Download (212kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf

Download (251kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ribka Sesilia-A1G022013-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah kebutuhan tepung terigu yang belum diimbangi dengan kemampuan produksi dalam negeri menjadikan Indonesia sebagai importir gandum yang merupakan bahan baku utama dari tepung terigu. Oleh karena itu perlu adanya inovasi industri tepung untuk pemenuhan kebutuhan tepung nasional. Tepung mocaf yang berbahan dasar singkong merupakan salah satu inovasi terbaru untuk industri tepung di Indonesia. UD Usaha Mandiri merupakan salah satu produsen tepung mocaf di Indonesia. Namun masih terdapat permasalahan dalam pemasaran tepung mocaf milik UD Usaha Mandiri yakni produk tepung mocaf masih belum dikenal secara luas atau masih banyak masyarakat yang belum mengetahui produk tepung mocaf beserta manfaatnya, kegiatan pemasaran tepung mocaf yang dilakukan UD Usaha Mandiri masih terbatas, karena selama ini produk tepung mocaf yang dijual belum mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh UD Usaha Mandiri, meskipun volume produksi tetap meningkat setiap harinya. Sehingga hal ini menyebabkan penyerapan pasar tidak terserap dengan baik, dan adanya produk pesaing dari perusahaan sejenis juga dapat menjadi suatu ancaman bagi UD Usaha Mandiri. Oleh karena itu perlu adanya perumusan alternatif strategi yang tepat bagi UD Usaha Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) identifikasi dan mengetahui penerapan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) pada UD Usaha Mandiri dalam pemasaran tepung Mocaf; (2) identifikasi dan mengetahui penerapan Bauran Pemasaran 7P pada UD Usaha Mandiri dalam pemasaran tepung Mocaf; (3) merumuskan dan menentukan alternatif strategi pemasaran yang terbaik yang dapat diterapkan dalam memasarkan tepung Mocaf pada UD Usaha Mandiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi kasus di UD Usaha Mandiri yang berlokasi di Desa Gumiwang, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2024. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan biasa yang berasal dari pihak internal dan eksternal perusahaan.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel lingkungan internal yakni STP dan marketing mix 7P, serta variabel lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deksriptif, analisis faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan dengan matriks IFE dan EFE, analisis perumusan alternatif strategi dengan matriks IE dan SWOT, serta analisis prioritas strategi pemasaran dengan menggunakan matriks QSPM. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan Pengidentifikasian STP (Segmenting, Targeting, and Positioning) yang digunakan oleh UD Usaha Mandiri menunjukan bahwa segmentasi pasar yang dilakukan terbagi menjadi segmen-segmen yang berbeda berdasarkan geografis, demografis,psikografis, dan tingkah laku konsumen, kemudian secara Targeting untuk target pasar dari produk tepung mocaf UD Usaha Mandiri adalah masyarakat yang memiliki gaya hidup sehat, sedangkan positioning yang dilakukan menggunakan indikator kepercayaan dan keyakinan. Berdasarkan hasil identifikasi terhadap bauran pemasaran pada UD Usaha Mandiri diperoleh bauran pemasaran yang cocok dan sesuai yakni bauran pemasaran 7P (Product, Place, Price, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence). Kemudian, berdasarkan analisis menggunakan matriks SWOT dengan kombinasi kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang dihasilkan enam alternatif strategi pemasaran tepung mocaf yang dapat diterapkan pada UD Usaha Mandiri. Alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas utama bagi UD Usaha Mandiri berdasarkan analisis matriks QSPM adalah strategi perluasan pangsa pasar dan pengembangan produk dengan tetap memberikan produk berkualitas, inovatif sehingga dapat melayani pelanggan dengan baik dan ramah agar pelanggan tetap loyal dan mempertahankan citra perusahaan dengan nilai total attractiveness score (TAS) sebesar 7,087.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A24448
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Stp, Bauran pemasaran 7p, Swot, Qspm
Subjects: F > F63 Farm produce Marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs. Ribka Sesilia
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:13
Last Modified: 22 Nov 2024 02:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item View Item