Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Improving the Students’ Reading Comprehension of Narrative Text through Suggestopedia Method (A Pre-Experimental Study for 10th Grade Students at SMA Negeri 1 Ajibarang)

SAPUTRI, Defita (2024) Improving the Students’ Reading Comprehension of Narrative Text through Suggestopedia Method (A Pre-Experimental Study for 10th Grade Students at SMA Negeri 1 Ajibarang). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (215kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (210kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (280kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Defita Saputri-J1E019038-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra eksperimental. Peneliti membatasi pembahasan masalah yang terdiri atas: (1) Bagaimana efektivitas penggunaan metode Suggestopedia untuk meningkatkan pemahaman membaca teks naratif?, (2) Apa saja dampak yang dapat diamati dari metode Suggestopedia terhadap keterlibatan siswa selama penerapannya?, (3) Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode Suggestopedia dalam meningkatkan pemahaman membaca teks naratif?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Suggestopedia untuk meningkatkan pemahaman membaca teks naratif, mengetahui dampak yang dapat diamati dari metode Suggestopedia terhadap keterlibatan siswa selama penerapannya, dan mengungkap tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Suggestopedia. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 18 siswa dari kelas 10 SMA Negeri 1 Ajibarang secara purposive sampling. Tes, observasi, dan kuesioner digunakan sebagai teknik untuk mengumpulkan data dari para sampel penelitian. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan uji beda berpasangan (paired-sample t-test), Microsoft Excel, dan SPSS 25. Dari hasil tes menujukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai ujian membaca siswa dari 46.66 poin ke 74.72 poin setelah belajar menggunakan metode Suggestopedia. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa terlihat senang dan antusias dalam belajar menggunakan metode Suggestopedia. Respon positif dari siswa membuktikan bahwa metode Suggestopedia merupakan metode yang efektif, menarik, dan dapat memotivasi siswa untuk belajar teks naratif. Hasil tes, observasi, dan kuesioner menunjukkan bahwa metode Suggestopedia dapat membuat siswa lebih rileks dan percaya diri sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih mendukung. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa metode Suggestopedia sebagai metode pembelajaran terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24290
Uncontrolled Keywords: effectiveness, pre-experimental research, reading ability, Suggestopedia method
Subjects: R > R106 Reading readiness
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Defita Saputri
Date Deposited: 22 Nov 2024 08:39
Last Modified: 22 Nov 2024 08:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30721

Actions (login required)

View Item View Item