Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Profil Penerapan Strategi Belajar Self Regulated Learning (SRL) Komponen Kognitif Dalam Pelaksanaan Kuliah Beserta Korelasinya terhadap Nilai Ujian Tulis

ADISTYA, Naura Shafa (2024) Profil Penerapan Strategi Belajar Self Regulated Learning (SRL) Komponen Kognitif Dalam Pelaksanaan Kuliah Beserta Korelasinya terhadap Nilai Ujian Tulis. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Naura Shafa Adistya-G1A021049-Skripsi-2024.pdf

Download (309kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf

Download (270kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (275kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (747kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2025.

Download (507kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf

Download (279kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Naura Shafa Adistya-G1A021049- Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang : Perbedaan karakteristik metode pembelajaran perkuliahan dengan penerapan strategi Self-Regulated Learning komponen kognitif dapat memengaruhi hasil ujian tulis mahasiswa. Informasi profil penerapan strategi belajar SRL komponen Kognitif diperlukan terkait metode belajar perkuliahan dalam mengevaluasi proses belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran. Tujuan : Untuk mengetahui profil (jenis & frekuensi) penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif dalam metode belajar perkuliahan beserta korelasinya dengan nilai ujian tulis. Metode : Penelitian observasional kuantitatif dengan pendekatan deskriptif untuk univariat dan korelatif uji Pearson untuk bivariat serta menggunakan data primer hasil pengisian kuisioner "Strategi Belajar SRL Komponen Kognitif" pada populasi target 129 mahasiswa angkatan 2023. Analisis univariat penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif pada masing-masing dan keseluruhan sub-komponen serta analisis bivariat untuk mengetahui korelasi antar variabel. Hasil : Responden berjumlah 115 mahasiswa terdiri dari 69,9% responden perempuan dan 30,4% responden laki-laki dengan rerata usia 18,76 tahun. Pada organization (35,66%), elaboration (26,53%), dan critical thinking (35,55%) terdapat proporsi jenis frekuensi penerapan "jarang" yang besar. Uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi antara total skor penerapan dengan nilai ujian tulis (p= 0,669: >0,05). Kesimpulan : Profil penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif mahasiswa Angkatan 2023 FK Unsoed dalam metode belajar perkuliahan telah diperoleh dan diperlukan upaya untuk mempertahankan strategi belajar SRL yang telah selalu dan sering diterapkan serta upaya untuk meningkatkan strategi belajar SRL yang jarang dan tidak pernah diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G24129
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, kognitif, kuliah, nilai ujian tulis
Subjects: C > C522 Cognitive styles
L > L89 Learning and scholarship
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Mrs Naura Shafa Adistya
Date Deposited: 06 Dec 2024 09:22
Last Modified: 06 Dec 2024 09:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item