ALFARIZI, Rizki Zakaria (2024) Pengembangan dan Evaluasi Aplikasi Game Edukasi 3D Berbasis Android untuk Memperkenalkan Peralatan Pendakian yang Diperlukan (Studi Kasus pada Pengalaman Pengguna dan Efektivitas Pembelajaran). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Download (45kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2026. Download (181kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2026. Download (197kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 3 January 2026. Download (219kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Download (109kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf Download (181kB) |
Abstract
Pendaki pemula sering menghadapi risiko keselamatan akibat kurangnya pengetahuan tentang peralatan pendakian, yang dapat menyebabkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi aplikasi game edukasi 3D berbasis Android guna memperkenalkan peralatan pendakian yang diperlukan. Permasalahan yang dihadapi adalah minimnya media pembelajaran interaktif dan menarik terkait edukasi pendakian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang meliputi enam tahapan yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta testing, dan rilis. Pengujian dilakukan melalui black box testing dan beta testing menggunakan standar ISO 9126. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat usability sebesar 83,4% dan functionality sebesar 81,1%. Berdasarkan pengujian tersebut, aplikasi ini mampu meningkatkan pemahaman pengguna tentang peralatan pendakian, memberikan pengalaman belajar yang menarik, dan berpotensi membantu mengurangi risiko kecelakaan saat mendaki gunung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24429 |
Uncontrolled Keywords: | functionality, game edukasi, GDLC, pendakian gunung, peralatan pendakian, usability |
Subjects: | E > E76 Educational games I > I141 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr. Rizki Zakaria Alfarizi |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 08:24 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 08:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31133 |
Actions (login required)
View Item |