Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan dan Evaluasi Aplikasi Game Edukasi 3D Berbasis Android untuk Memperkenalkan Peralatan Pendakian yang Diperlukan (Studi Kasus pada Pengalaman Pengguna dan Efektivitas Pembelajaran)

ALFARIZI, Rizki Zakaria (2024) Pengembangan dan Evaluasi Aplikasi Game Edukasi 3D Berbasis Android untuk Memperkenalkan Peralatan Pendakian yang Diperlukan (Studi Kasus pada Pengalaman Pengguna dan Efektivitas Pembelajaran). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (181kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (197kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (219kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizki Zakaria Alfarizi-H1D020015-Skripsi-2024.pdf

Download (181kB)

Abstract

Pendaki pemula sering menghadapi risiko keselamatan akibat kurangnya pengetahuan tentang peralatan pendakian, yang dapat menyebabkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi aplikasi game edukasi 3D berbasis Android guna memperkenalkan peralatan pendakian yang diperlukan. Permasalahan yang dihadapi adalah minimnya media pembelajaran interaktif dan menarik terkait edukasi pendakian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang meliputi enam tahapan yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta testing, dan rilis. Pengujian dilakukan melalui black box testing dan beta testing menggunakan standar ISO 9126. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat usability sebesar 83,4% dan functionality sebesar 81,1%. Berdasarkan pengujian tersebut, aplikasi ini mampu meningkatkan pemahaman pengguna tentang peralatan pendakian, memberikan pengalaman belajar yang menarik, dan berpotensi membantu mengurangi risiko kecelakaan saat mendaki gunung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H24429
Uncontrolled Keywords: functionality, game edukasi, GDLC, pendakian gunung, peralatan pendakian, usability
Subjects: E > E76 Educational games
I > I141 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Rizki Zakaria Alfarizi
Date Deposited: 03 Jan 2025 08:24
Last Modified: 03 Jan 2025 08:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item View Item