SUSANTO, Herman (2016) Marketing Margin and Marketing Efficiency of tambourine (case study in Kaliwadas Village, Bumiayu Sub district, Brebes Regency). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Download (983kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-HERMAN SUSANTO-C1J011020-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-HERMAN SUSANTO-C1J011020-2016.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 22 January 2026. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 22 January 2026. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 22 January 2026. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Download (964kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-HERMAN SUSANTO-C1J011020 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Desa Kaliwadas merupakan sentra industry pembuatan rebana di Kecamtan Bumiayu Kabupaten Brebes. Meskipun demikian para produsen rebana di Desa Kaliwadas belum mendapatkan keuntungan secara maksimal karena adanya perbedaan harga di tingkat produsen dan konsumen yang relative tinggi, disebabkan saluran pemasarannya relative panjang. Produsen menjual hasil produksinya kepedagang perantara yang terlibat seperti pengepul dan pedagang lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui margin pemasaran rebana disetiap salurannya dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran melalui producer’s share, profit margin dan elastisitas transmisi harga di Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 215 produsen rebana, sampel dalam penelitian ini sebanyak 70; 4 pedagang pengepul dan 16 orang pedagang lokal.Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran rebana di Desa Kaliwadas, yaitu: (1) produsen pedagang pengepul pedagang lokal konsumen, dan (2) produsen pedagang lokal konsumen. Pemasaran tidak efisien pada kedua saluran pemasaran rebana di Desa Kaliwadas. Struktur pasar bukan merupakan pasar persaingan sempurna dan mengarah pada pasar monopsoni. Implikasi dari penelitian ini adalah sebaiknya produsen rebana menjual hasil produksinya kepada saluran II yang memiliki margin pemasaran lebih pendek dan perlu dikembangkannya informasi pasar dan harga sampai ketingkat konsumen, seperti melalui penyuluhan UMKM mengenai informasi harga sehingga produsen mempunyai acuan dalam menentukan harga rebana yang akan dijual sehingga diharapkan mampu mencapai system pemasaran rebana yang efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C16009 |
Uncontrolled Keywords: | Saluran pemasaran rebana, margin pemasaran, profit margin, producer’s share, elastisitas transmisi harga |
Subjects: | M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 08:12 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 08:12 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31641 |
Actions (login required)
View Item |