Ridha, Zahra (2025) Analisis Pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Sokaraja I Kabupaten Banyumas Tahun 2024. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Download (109kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (429kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 February 2026. Download (266kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2026. Download (256kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Download (32kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Download (431kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_RIDHA AISYA ZAHRA_I1A021003_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Kabupaten Banyumas belum sepenuhnya mencapai target layanan sebesar 100% terutama pada SPM hipertensi. Puskesmas Sokaraja I masuk dalam kategori puskesmas dengan capaian SPM hipertensi paling rendah yaitu 94,2% pada tahun 2023. Diperlukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui proses penyelenggaraan SPM hipertensi di Puskesmas Sokaraja I. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Sokaraja I pada bulan Agustus – Desember 2024. Subjek penelitian terdiri dari 7 orang informan yang diperoleh melalui purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil Penelitian: Kegiatan SPM pada penderita hipertensi di Puskesmas Sokaraja I disusun sesuai dengan pedoman PMK No. 4 Tahun 2019 terdiri atas kegiatan kunjungan rumah dan pelatihan kader. Namun, kunjungan rumah tidak dilaksanakan oleh pihak puskesmas. Kegiatan SPM pada penderita hipertensi dilaksanakan oleh PJ SPM hipertensi, bidan desa, dan kader lalu dipertanggungjawabkan kepada manajemen puskesmas dan Dinas Kesehatan. Pelaksanaan kegiatan mengalami banyak kendala pada pencatatan dan pelaporan, koordinasi dan kerjasama tim hingga pada peran manajemen puskesmas dan stakeholder. Kesimpulan: Penyelenggaraan SPM pada penderita hipertensi di Puskesmas Sokaraja I belum mencapai target dengan capaian sebesar 72,27% dari 100% layanan. Kegiatan kunjungan rumah perlu dilakukan agar sesuai dengan ketentuan pemerintah. Kegiatan sosialisasi tentang peraturan SPM serta pemberlakuan pemberian reward dan punishment kepada jejaring perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada pencatatan dan pelaporan jejaring di Puskesmas Sokaraja I.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I25039 |
Uncontrolled Keywords: | Pencapaian, Standar Pelayanan Minimal, Hipertensi |
Subjects: | H > H380 Hypertension |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mrs. Ridha Aisya Zahra |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 01:10 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 01:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31693 |
Actions (login required)
View Item |