NABILLA, Dinda Najwa (2025) Persepsi Mutu Pelayanan dengan Kepatuhan Minum Obat Peserta Hipertensi Prolanis di Puskesmas Purwojati Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Download (145kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Download (219kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2026. Download (249kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2026. Download (336kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2026. Download (354kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Download (217kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Download (201kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dinda Najwa Nabilla-I1A021109-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Setiap pasien yang menggunakan pelayanan kesehatan berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu. Permasalahan mengenai kepatuhan minum obat antihipertensi dapat dipengaruhi oleh peran tenaga kesehatan. Kepatuhan seringkali menjadi tantangan bagi pasien yang mengalami gangguan kesehatan kronik yang memerlukan pengobatan jangka panjang. Kepatuhan minum obat peserta Prolanis Puskesmas Purwojati masih kurang. Dilihat dari peserta hipertensi Prolanis yang memiliki tekanan darah stabil hanya sebesar 35.86%. Kemauan pasien untuk sembuh dapat dipertahankan dengan dukungan dari keterlibatan tenaga kesehatan dan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara persepsi mutu pelayanan dengan kepatuhan minum obat peserta hipertensi Prolanis Kabupaten Banyumas. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah 66 sampel. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil uji univariat, mayoritas responden berjenis kelamin perempuan dan mengalami hiertensi ringan. Hasil uji bivariat menunjukkan adanya hubungan antara dimensi reliability (p=0,0001), responsiveness (p=0,0001) dan assurance (p=0,001) dengan kepatuhan minum obat dan tidak terdapat hubungan antara emphaty (p=0,085) dan tangible (p=0,585) dengan kepatuhan minum obat peserta hipertensi Prolanis di Puskesmas Purwojati Kabupaten Banyumas. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara persepsi mutu pelayanan dimensi reliability, responsiveness dan emphaty dengan kepatuhan minum obat dan tidak terdapat hubungan antara persepsi mutu pelayanan dimensi emphaty dan tangible dengan kepatuhan minum obat. Puskesmas diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada peserta Prolanis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I25079 |
Uncontrolled Keywords: | Hipertensi, Kualitas, Persepsi, Servqual |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Mrs. Dinda Najwa Nabilla |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 08:14 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 08:14 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |