SILVIAH, Richa Faiqotus (2025) The Effect of System Quality, Information Quality, Perceived Usefulness, Perceived Hedonic, and User Interface on User Satisfaction (Study on BCA Customers in Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-.Skripsi-2025pdf.pdf Download (68kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Download (113kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 3 February 2026. Download (208kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 3 February 2026. Download (648kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 3 February 2026. Download (249kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Download (191kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Download (191kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Richa Faiqotus Silviah-C1l021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna terhadap aplikasi BCA Mobile, dengan menggunakan kerangka teori dari Model Delone & McLean, Technology Acceptance Model (TAM), dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Variabel yang dianalisis meliputi kualitas sistem, kualitas informasi, persepsi kegunaan, persepsi hedonic, dan antarmuka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 164 responden yang berdomisili di Kabupaten Banyumas yang merupakan pengguna aktif BCA Mobile. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji model regresi (uji F dan uji R2), dan uji hipotesis (uji t). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas informasi, persepsi hedonik, dan antarmuka memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Sebaliknya, kualitas sistem dan persepsi kegunaan tidak menunjukkan pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Keterbatasan penelitian ini terletak pada kesulitan dalam menghubungi responden selama proses pengumpulan data, yang dapat memengaruhi kelengkapan data. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk memberikan insentif atau reward kepada responden agar lebih termotivasi untuk mengisi kuesioner. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembang aplikasi dan institusi keuangan untuk fokus pada peningkatan kualitas informasi, pengalaman pengguna yang menyenangkan, dan antarmuka yang mudah digunakan guna meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi perbankan digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25124 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Persepsi Kegunaan, Persepsi Hedonik, Antarmuka, dan Kepuasan Pengguna |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs. Richa Faiqotus Silviah |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:34 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |