KHAFIFUDIN, Nur (2025) Pengembangan Modul Menulis Berita Berbasis Case Study pada Siswa Kelas XI Jurusan TJKT di SMK Negeri Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Download (128kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Download (207kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 5 February 2026. Download (174kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 5 February 2026. Download (466kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 5 February 2026. Download (600kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Download (79kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Download (187kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-NUR KHAFIFUDIN-J1D021035-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Khafifudin, Nur. 2025. “Pengembangan Modul Menulis Berita Berbasis Case Study pada Siswa Kelas XI Jurusan TJKT di SMK Negeri Purbalingga”. Skripsi. Purwokerto. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang telah direlevansikan terhadap kebutuhan siswa kelas XI jurusan TJKT di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK). Bentuk penelitian adalah Design and Development (D&D). Faktor yang menjadi latar belakang pada penelitian ini adalah penggunaan sumber belajar terbitan pemerintah dengan esensi materi yang kurang lengkap, pengajaran teori dan praktik yang kurang seimbang, variasi media pembelajaran yang perlu di inovasi, dan model pembelajaran yang perlu diselaraskan dengan karakteristik jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri lima tahapan (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data pada penelitian ini terdiri atas: data observasi, data wawancara, data angket, dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa cara yaitu: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan mix method (kualitatif dan kuantitatif). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh beberapa kesimpulan di antaranya: (1) pengembangan modul berbasis aplikasi menggunakan media Kodular dan Photoshop sebagai medianya mampu memberikan visualisasi pada modul yang menarik, (2) hasil pengembangan yang dilakukan menghasilkan rata-rata kumulatif dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan skor 0,848 yang berarti valid, dan (3) tanggapa siswa terhadap implementasi modul berbasis aplikasi pada tiga SMK di Purbalingga sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul menulis berita berbasis case study layak digunakan pada kegiatan pembelajaran untuk siswa kelas XI jurusan TJKT di SMK Purbalingga. Kata Kunci: modul pembelajaran, TJKT, keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25035 |
Uncontrolled Keywords: | modul pembelajaran, TJKT, keterampilan menulis |
Subjects: | T > T79 Teenagers writings |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr. Nur Khafifudin |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 10:14 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 10:14 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |