Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Causal Factors of Students' Difficulties in Reading Comprehension (A Descriptive Qualitative Research in Class D of Eighth Grade of SMPN 6 Purwokerto in the Academic Year of 2023/2024)

SAFINATUNJANNAH, Nafila Arifia (2025) Causal Factors of Students' Difficulties in Reading Comprehension (A Descriptive Qualitative Research in Class D of Eighth Grade of SMPN 6 Purwokerto in the Academic Year of 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf

Download (139kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2026.

Download (154kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf
Restricted to Registered users only until 5 February 2026.

Download (296kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2026.

Download (100kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf

Download (129kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nafila Arifia Safinatunnajah-J1E020010-Skripsi-2025 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam pemahaman membaca pada siswa yang terjadi di sekolah. Atas dasar penelitian tersebut, penelitian bertujuan untuk membuktikan apa saja kesulitan yang dihadapi oleh siswa, factor penyebab kesulitan siswa pada pemhaman membaca di sekolaah dan solusi guru yang dapat dilakukan untuk siswa dan para guru pada kelas 8 di SMPN 6 Purwokerto. Recount teks adalah salah satu teks yang dapat diterapkan untuk mengamati permasalahan siswa dalam pemahaman membaca siswa. Beberapa tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dalam membaca teks recount. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor khusus yang menyebabkan kesulitan kesulitan mereka dalam memahami bacaan teks recount. (3) Untuk mengetahui solusi solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam memahami bacaan teks recount. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Siswa kelas delapan di SMPN 6 Purwokerto menjadi populasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan satu kelas untuk menguji siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, kelas VIII-D dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Peneliti memilih kelas VIII-D karena berdasarkan penelitian pendahuluan yang telah peneliti lakukan sebelumnya, kelas VIII D merupakan kelas dengan nilai terendah dibandingkan dengan kelas lainnya, oleh karena itu peneliti memilih kelas VIII-D. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini, yang dihasilkan dari pengamatan, menunjukkan bahwa observasi mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi gagasan utama, memahami kosakata, dan menyimpulkan makna setiap paragraf. Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk lebih banyak kosakata, kelancaran, keakraban dengan materi pelajaran, dan masalah dalam memproses informasi. Hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, meningkatkan beberapa keterampilan membaca, mengubah metode pengajaran, dan memberikan motivasi dan umpan balik. Dapat disimpulkan bahwa teks yang berkaitan dengan pemahaman bacaan mempunyai manfaat bagi siswa, untuk dapat mengetahui kesulitan apa saja yang dialami, faktor faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan membaca, dan solusi guru yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami bacaan pada teks recount.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25036
Uncontrolled Keywords: causal factors, difficulties, reading comprehension, recount text
Subjects: R > R99 Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Nafila Arifia Safinatunnajah
Date Deposited: 06 Feb 2025 00:51
Last Modified: 06 Feb 2025 00:51
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32044

Actions (login required)

View Item View Item