SIREGAR, Juwita (2024) Pengembangan Inovasi Layanan WhatsApp PANDAWA Untuk Peningkatan Layanan BPJS Kesehatan Cabang Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Download (131kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Download (218kB) |
![]() |
PDF (Babl)
BAB-I-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (267kB) |
![]() |
PDF (Babll)
BAB-II-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (283kB) |
![]() |
PDF (Bablll)
BAB-III-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (270kB) |
![]() |
PDF (BablV)
BAB-IV-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Juwia Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Download (226kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Download (231kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Juwita Siregar-F1B021024-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
Abstract
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Kabupaten Purbalingga dalam menjalankan misinya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada peserta melalui layanan terintegrasi berbasis teknologi informasi Layanan WhatsApp PANDAWA. Namun dalam pelaksanaannya, masih ditemukan permasalahan sistem error dan kurangnya literasi digital dari Masyarakat. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) bagi peserta dan karyawan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Purbalingga. Penelitian ini menggunakan fungsi pelayanan yang terdiri dari Kualitas Pelayanan dan Pelayanan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Pihak yang diwawancarai adalah Pegawai BPJS Kesehatan Kantor Cabang Purbalingga dan Peserta pengguna layanan WhatsApp PANDAWA. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan dan mengecek Kembali Tingkat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan melalui WhatsAPP PANDAWA sudah menunjukkan hasil yang baik, memadai, serta membantu dikarenakan dapat mengakses tanpa harus datang kekantor cabang. Petugas pelayanan pelanggan juga telah menjalankan pelayanan sesuai dengan standar yang ditetapkan, mampu merespon segala permasalahan Masyarakat dengan jelas dan sesuai dengan kebutuhan Masyarakat. Namun layanan ini masih menemui beberapa kendala pada masyrakat yang belum terbiasa dengan sistem berbasis teknologi sehingga masyrakat masih membutuhkan sosialisasi terkait layanan ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25117 |
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, pelayanan pelanggan, WhatsApp PANDAWA |
Subjects: | C > C647 Community health services |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Juwita Siregar |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 08:08 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 08:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |