PRIMANTO, Anindita Tyas (2025) Pengaruh Media Sosial Instagram Raffi Ahmad terhadap Keputusan Memilih Calon Presiden di Pemilu 2024 Oleh Generasi Z. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Anindita Tyas Primanto-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Download (135kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anindita Tyas Primanto-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anindita Tyas Primanto-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Download (330kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Anindita Tyas Primanto-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Anindita Tyas Primanto-FC1020019-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-Anindita Tyas Primanto-F1C020029-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Anindita Tyas Primanto-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Anindita Tyas Primanto-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Download (198kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anindita Tyas Primanto-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Download (162kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anindita Tyas Primato-F1C020019-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
Abstract
Tepat pada tanggal 14 Februari tahun 2024, Indonesia melaksanakan pemilihan umum presiden dan legislatif. Terdapat perbedaan hasil suara yang cukup signifikan, baik dari hasil perhitungan resmi, maupun quick count. Dominasi suara yang diperoleh ini tentu tak lepas dari berbagai usaha kampanye yang telah dilakukan, salah satunya penggunaan media sosial influencer Raffi Ahmad. Generasi Z merupakan salah satu kelompok yang mendominasi hak pilih, serta generasi pengguna aktif media sosial terbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial instagram Raffi Ahmad terhadap keputusan memilih calon presiden di Pemilu 2024 oleh Generasi Z dengan analisis Teori Khalayak Kepala Batu. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui penyebaran kuesioner kepada 102 responden generasi Z yang telah memiliki hak pilih di Pemilu 2024. Berdasarkan seluruh tahapan penelitian yang sudah dilakukan, mulai dari rumusan masalah, hipotesis, dan hasil penelitian maka didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh antara media sosial Instagram Raffi Ahmad terhadap keputusan memilih di Pemilu 2024. Pengaruh yang diberikan dari media sosial Instagram Raffi Ahmad terhadap keputusan memilih calon presiden di Pemilu 2024 sebesar 75.8%. Sementara, 24.2% keputusan memilih lainnya dipengaruhi oleh faktor di luar media sosial Instagram Raffi Ahmad. Hasil tersebutlah yang kemudian menunjukkan keselarasan dengan Teori Khalayak Kepala Batu, bahwasannya dapat dibuktikan media massa memang dapat memberikan pengaruh terhadap khalayak, namun khalayak saat ini tidak serta-merta mutlak terpengaruh dan mengikuti apa yang media massa sampaikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25106 |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Instagram, Influencers, Pemilu, Generasi Z |
Subjects: | E > E102 Elections |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs. Anindita Tyas Primanto |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 01:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 01:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |