MUSTOPA, Acep Hidayatul (2025) Pengaruh Penggunaan Learnscope Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan Dan Self-Efficacy Mahasiswa Melakukan Auskultasi Suara Jantung Paru. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Download (45kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Download (24kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Download (66kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ACEP HIDAYATUL MUSTOPA_I2B023019-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Mengenali dan membedakan kelainan bunyi jantung dan paru perlu upaya belajar dengan sungguh-sungguh. Saat ini belum tersedia alat stetoskop yang dapat digunakan untuk merekam sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran mahasiswa terkait kelainan suara auskultasi jantung dan paru, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta self-efficacy mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain learnscope sebagai media belajar terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan self-efficacy mahasiswa melakukan auskultasi jantung paru.. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan dua tahap. Tahap pertama adalah pengembangan prototipe hardware dan software learnscope dengan model ADDIE. Tahap kedua menggunakan desain quasi-experimental pre-post control group design. Sampel sebanyak 64 mahasiswa dipilih menggunakan purposive sampling yang terbagi atas 2 kelompok, yaitu intervensi dan kontrol. Penelitian dilakukan selama 4 minggu. Data dianalisis menggunakan uji parametrik dan non parametrik. Hasil: Hasil dari analisis data didapatkan ( > 0.05) pada variabel pengetahuan, keterampilan auskultasi jantung paru, dan self-efficacy mahasiswa keperawatan pada kelompok kontrol dan intervensi. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan bermakna pengetahuan, keterampilan auskultasi jantung paru, dan self-efficacy mahasiswa keperawatan baik yang menggunakan media belajar dengan learnscope maupun stetoskop akustik. Kata Kunci: Keterampilan auskultasi, Learnscope, Pengetahuan, Self-efficacy
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P225074 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan auskultasi, Learnscope, Pengetahuan, Self-efficacy |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Keperawatan |
Depositing User: | Mr Acep Hidayatul Mustopa |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:44 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 08:44 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |