NABILAH, Fitria (2025) Kualitas Pelayanan Publik di Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Download (45kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Download (97kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Download (158kB) |
![]() |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Download (156kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fitria Nabilah-F1B021002-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
Abstract
Unit Layanan Terpadu (ULT) adalah sistem yang dirancang untuk pelaksanaan pelayanan satu pintu, di mana masyarakat dapat mengakses berbagai layanan yang diperlukan di satu tempat tanpa harus berurusan dengan banyak pihak atau birokrasi yang berbelit-belit. Pentingnya kualitas pelayanan ini dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan, kenyamanan, dan kepercayaan pengguna layanan terhadap Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbudristek sebagai penyedia layanan. Namun, berbagai kendala yang muncul di Unit Layanan Terpadu (ULT) pada Layanan Tatap Muka Daring (LTMD) seperti, beberapa keluhan memerlukan waktu yang lama untuk diselesaikan, kurangnya pemahaman masyarakat terkait atas informasi tindaklanjut aduan mereka sehingga menimbulkan ketidakpuasan, kinerja pegawai yang belum dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pengguna layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi. Penelitian ini menggunakan model SERVQUAL untuk mengukur Kualitas Pelayanan Publik oleh Zeithaml, Parasuraman, Berry (1988), terdiri atas Tangible (ketampakan fisik), Realibity (kehandalan), Responsiviness (ketanggapan), Assurance (jaminan) dan Emphaty (empati). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan informasi dari berbagai sumber yang membantu menurunkan risiko adanya bias yang mungkin muncul jika hanya mengandalkan satu sumber data saja dan memastikan bahwa data yang diolah lebih akurat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Publik di Unit Layanan Terpadu (ULT) pada Layanan Tatap Muka Daring (LTMD) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah baik secara keseluruhan, memadai, petugas layanan juga telah menjalankan pelayanan sesuai dengan standar yang ditetapkan, mampu merespon segala permasalahan pengguna layanan dengan jelas dan cepat. Namun layanan ini masih menemui beberapa kendala yaitu: (1) Dimensi tangible (ketampakan fisik) yaitu kerusakan fasilitas layanan yang mengganggu kenyamanan pengguna layanan; (2) Dimensi emphaty (empati) yaitu ketidakramahan petugas dalam proses pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F25166 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Unit Layanan Terpadu |
Subjects: | P > P647 Public service commissions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Fitria Nabilah |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:31 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |