KHOIRY, Muhammad Ahnaf (2025) Analysis of Factors Affecting Customer Engagement & Customer Loyaty (Study on Social Media Marketing Agency). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027-Skripsi-2025.pdf Download (128kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Download (94kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Download (103kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Download (180kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Ahnaf Khoiry-C1H020027- Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) |
Abstract
Banyaknya masyarakat Indonesia yang merupakan pengguna sosial media aktif saat ini mengharuskan perusahaan atau pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran digital. Karena dalam penerapannya seringkali menemukan banyak kendala jika dikelola sendiri, maka muncul opsi untuk menggunakan jasa agensi sosial media marketing. Sayangnya, seringkali agensi sosial media marketing tidak berhasil memenuhi kebutuhan konsumen dalam pelayanannya sehingga sulit untuk menjaga loyalitas dari para konsumen. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan yang muncul tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Customer Experience, Customer Trust, dan Customer Satisfaction terhadap Customer Engagement dan Customer Loyalty menggunakan teori Service Dominant Logic (SDL) berdasarkan sudut pandang konsumen. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 110 responden yang merupakan perusahaan ataupun individu yang menjadi konsumen dari agensi sosial media marketing, atau yang mengetahui tentang sosial media marketing agensi menggunakan metode non-probability sampling dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Customer Experience tidak memiliki pengaruh terhadap Customer Engagement, (2) Customer Experience memiliki pengaruh positif terhadap Customer Trust, (3) Customer Experience memiliki pengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, (4) Customer Trust memiliki pengaruh positif terhadap Customer Engagement, (5) Customer Satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap Customer Engagement, dan (6) Customer Engagement memiliki pengaruh positif terhadap Customer Loyalty. Temuan dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa agensi sosial media marketing di Indonesia dapat menumbuhkan loyalitas pelanggannya dengan cara meningkatkan dan juga memperhatikan keterlibatan, kepuasan, kepercayaan, dan pengalaman dari konsumen dalam pelayanannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25176 |
Uncontrolled Keywords: | Customer Experience, Customer Trust, Customer Satisfaction, Customer Engagement, Customer Loyalty, Service Dominant Logic, Social Media Marketing Agency |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr Muhammad Ahnaf Khoiry |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:16 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:16 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |