BAKRI, Jody Saeful (2016) Pengaruh Anteseden Sosio-Psikologis dan Politik terhadap Etnosentrisme Konsumen pada Merek Sepatu Asing (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Download (610kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Download (611kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 March 2026. Download (698kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 March 2026. Download (748kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 March 2026. Download (893kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Download (608kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Download (811kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-JODY SAEFUL BAKRI-C1B012099-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif mengenai etnosentrisme konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh anteseden sosiopsikologis dan politik terhadap etnosentrisme konsumen pada merek sepatu asing. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB Unsoed Purwokerto. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 143 responden. Responden ditentukan menggunakan metode random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) menunjukkan bahwa: (1) Keterbukaan budaya berpengaruh negatif terhadap etnosentrisme konsumen, (2) Patriotisme tidak berpengaruh terhadap etnosentrisme konsumen, (3) Konservatisme tidak berpengaruh terhadap etnosentrisme konsumen, (4) Kolektivisme tidak berpengaruh terhadap etnosentrisme konsumen, (5) Propaganda pemerintah berpengaruh positif terhadap etnosentrisme konsumen, (6) Etnosentrisme konsumen berpengaruh negatif terhadap sikap pada merek asing. Implikasi dari kesimpulan di atas yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan sepatu merek lokal adalah dengan meningkatkan intensitas kampanye cintai produk dalam negeri yang didukung oleh pemerintah. Menciptakan event dengan melibatkan komunitas anak muda untuk menanamkan merek lokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C16203 |
Uncontrolled Keywords: | Merk, Perilaku Konsumen |
Subjects: | B > B337 Brand name products |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:36 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |