Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Saluran Pemasaran Usaha Tani Ubi Jalar di Desa Bandorasa Kulon Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan

MAHARDIKA, Sintia (2016) Analisis Saluran Pemasaran Usaha Tani Ubi Jalar di Desa Bandorasa Kulon Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf

Download (601kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf

Download (841kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2026.

Download (813kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2026.

Download (889kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2026.

Download (923kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf

Download (829kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf

Download (726kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-SINTIA MAHARDIKA-C1A012112 -2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Saluran Pemasaran Usaha Tani Ubi Jalar di Desa Bandorasa Kulon Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran serta struktur pasar usaha tani ubi jalar, mengetahui distribusi margin pemasaran dan farmer share, mengetahui nilai elastisitas transmisi harga, dan efisiensi ekonomis dalam usahatani ubi jalar di Desa Bandorasa Kulon. Penelitian ini dilakukan di Desa Bandoasa Kulon Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui teknik kuisioner wawancara, dan telaah pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis karakteristik dan struktur pasar, analisis margin pemasaran dan farmer share, analisis elastisitas transmisi harga, dan analisis efisiensi ekonomis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua saluran distribusi pemasaran ubi jalar di Desa Bandorasa Kulon yaitu: I. Petani ⟶ Pengumpul Desa ⟶ Pengecer ⟶ Konsumen Akhir II. Petani ⟶ Pengumpul Desa ⟶ Pabrik (Konsumen akir) Dengan struktur pasar pada petani dan pedagang pengumpul desa adalah pasar oligopsoni sedangkan pedagang pengecer menghadapi pasar oligopoly. Total marjin pemasaran yang terjadi pada saluran satu adalah Rp 1947,92 per kilogram. Marjin pemasaran terbesar yang terjadi pada saluran I diperoleh oleh pedagang pengecer yaitu Rp 1125 per kilogram, kemudian dengan margin pemasaran terendah yaitu pedagang pengumpul desa sebesar Rp 822,92 per kilogram. Total marjin pemasaran yang terjadi pada saluran II adalah Rp 505,88 per kilogram. Margin Pemasaran pada saluran II lebih kecil dibandingkan dengan saluran I karena saluran pemasaran II yang lebih pendek dari saluran I. farmer share tertinggi terdapat pada saluran II yaitu 85,55 persen sedangkan saluran I hanya 61,04 persen. Hal ini berarti saluran pemasaran yang lebih efisien bagi petani adalah saluran II. Nilai elastisitas transmisi harga pada ubi jalar adalah 0,59 atau inelastis hal ini menunjukan bahwa perubahan harga sebesar 1 persen pada pedagang pengecer berpengaruh sebesar 0,59 persen pada tingkat petani, maka laju perubahan harga pada tingkat petani lebih kecil dari tingkat pengecer. Nilai efisiensi ekonomis pada usahatani ubi jalar di Bandorasa Kulon ini adalah 1,43 yang artinya usahatani ubi jalar efisien untuk diusahakan di Bandorasa Kulon. Implikasi dari Penelitian ini adalah Petani perlu mencari alternatif pemasaran ubi jalar yang lain serta pandai memilih saluran pemasaran yang ada, petani juga perlu melakukan pengkordinasian dan manajemen pemasaran yang lebih baik dengan memberdayakan kelompok tani yang ada agar daya tawar petani lebih kuat serta pedagang pengecer hendaknya menurunkan harga jual apabila harga di tingkat petani lebih rendah, petani ubi jalar di Desa Bandorasa Kulon harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalm mengelola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C16332
Uncontrolled Keywords: Saluran Pemasaran, Efisiensi, Ubi Jalar, Bandorasa Kulon
Subjects: F > F66 Farms
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Endah Yuni Astuti
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:28
Last Modified: 25 Mar 2025 03:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33024

Actions (login required)

View Item View Item