Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Atas Implementasi Sistem Aplikasi Pembayaran Elektronik (EPayment) pada Universitas Jenderal Soedirman Dengan Menggunakan Metode HOTFit

DESTAWAN, Mulat (2016) Evaluasi Atas Implementasi Sistem Aplikasi Pembayaran Elektronik (EPayment) pada Universitas Jenderal Soedirman Dengan Menggunakan Metode HOTFit. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf

Download (769kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mulat Destawan-C1G014012-2016 1.pdf

Download (999kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf

Download (615kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf

Download (609kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mulat Destawan-C1G014012-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada BLU Unsoed terkait dengan proses pembayaran dan pengeluaran kas secara elektronik (e-payment) yaitu memanfaatkan aplikasi L’Fina. Penelitian ini mengambil judul “Evaluasi Atas Implementasi Sistem Aplikasi Pembayaran Elektronik (EPayment) pada Universitas Jenderal Soedirman Dengan Menggunakan Metode HOTFit”.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi aplikasi L’Fina di BLU Unsoed apakah telah mampu mengatasi masalah keterlambatan pembayaran kas dilihat dari aspek manusia, organisasi, dan teknologi nya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur, wawancara mendalam (in depth interview), telaah dokumen, serta observasi lapangan. Wawancara terstruktur dilakukan terhadap 55 pengguna aplikasi yang mencakup 9 unit di bawah BLU unsoed. Wawancara mendalam selanjutnya dilakukan terhadap beberapa pengguna aplikasi serta pengembang aplikasi yang dipilih berdasarkan peran serta pengalamannya menggunakan dan atau mengembangkan aplikasi. Telaah dokumen dan observasi lapangan dilakukan untuk memberikan keyakinan atas informasi yang diperoleh dari wawancara terstruktur dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa aplikasi L’Fina secara umum telah mampumengatasi masalah keterlambatan pembayaran kas, faktor terjadinya keterlambatan dalam beberapa kasus lebih disebabkan faktor-faktor di luar sistem. Penilaian implementasi L’Fina diukur dengan menggunakan metode HOT-Fit, yakni dari dua kriteria pengukuran global (global measurement) sebanyak 69,09% pengguna merasa bahwa kinerja L’Fina sudah baik dan sebanyak 58,18% pengguna merasa bahwa L’Fina sudah sukses dan berhasil. Implikasi dari kesimpulan penelitian terkait beberapa aspek yang masih dikeluhkan pengguna dan dapat menjadi masukan bagi BLU Unsoed adalah: (1) melakukan sosialisasi dan training secara berkala terkait aplikasi, untuk pengguna lama maupun baru dalam rangka memberikan pemahaman yang komprehensif menyangkut teknis penggunaan aplikasi dan teknis aturan keuangan terkait pembayaran kas; (2) Melakukan integrasi dengan sistem lainnya dalam rangka efektivitas dan efisiensi kerja, seperti integrasi dengan SIMAPAN dan SIHURA; (3) melakukan upgrade infrastruktur (server) serta melakukan pemilihan vendor jaringan internet yang terbaik untuk mendukung aplikasi L’Fina; (4) pengembangan L’Fina sebaiknya dilakukan dengan lebih melibatkan pengguna; (5) memperbaiki serta menambah fitur-fitur aplikasi untuk mengakomodir kebutuhan para pengguna; (6) melakukan penegasan tugas dan kewenangan terkait fungsi help desk agar tidak ada yang saling “lempar tugas” diantara pemilik aplikasi dengan tim pengembang sehingga aplikasi bisa berjalan dengan baik; (7)melakukan penambahan personil help desk disertai pelatihan yang memadai untuk menciptakan layanan sistem informasi yang baik dan memenuhi ekspektasi pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C16348
Uncontrolled Keywords: E-payment,HOT-Fit.
Subjects: T > T271 Transfer payments
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Endah Yuni Astuti
Date Deposited: 11 Apr 2025 02:49
Last Modified: 11 Apr 2025 02:49
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33064

Actions (login required)

View Item View Item