WIDIASTUTI, Eka Oktaviani (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dilihat dari Aktivitas Belajar Siswa (Studi Eksperimen Kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 1 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Download (139kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Download (90kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB I-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (BabII)
BAB II-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB III-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB IV-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (BabV)
BAB V-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Download (97kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Eka Oktaviani Widiastuti-C1L015042-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan aktivitas belajarsiswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) danTeams Games Tournament (TGT); (2) perbedaan aktivitas belajar siswamenggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan TeamsGames Tournament (TGT); (3) pengaruh model pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) terhadap aktivitas belajar siswa; (4) pengaruh modelpembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa; (5)pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment)dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Subyek dalampenelitian ini melibatkan dua kelas yang dipilih menggunakan teknik purposivesampling yakni kelas X MIPA 1 (kelas kontrol) dan kelas X MIPA 5 (kelaseksperimen) di SMA Negeri 1 Purwokerto. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji independent samplet test, n-gain, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yangsignifikan aktivitas belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning(PBL) dengan model Teams Games Tournament (TGT); (2) terdapat perbedaanyang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning(PBL) dengan model Teams Games Tournament (TGT). Model Problem BasedLearning (PBL) lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajr siswa; (3) modelProblem Based Learning (PBL) tidak berpengaruh positif terhadap aktivitasbelajar siswa; (4) model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh positifterhadap hasil belajar siswa; (5) aktivitas belajar siswa berpengaruh positifterhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19147 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 14 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 06:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 06:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3329 |
Actions (login required)
View Item |