Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Persepsi Kredibilitas Doktif (Dokter Detektif) terhadap Niat Beli Konsumen dengan Interaksi Parasosial sebagai Mediasi di Tiktok

ROFIQOH, Ashfa (2025) Pengaruh Persepsi Kredibilitas Doktif (Dokter Detektif) terhadap Niat Beli Konsumen dengan Interaksi Parasosial sebagai Mediasi di Tiktok. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf

Download (317kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ashfa Rofiqoh-C1B021079-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaru persepsi kredibilitas influencer terhadap niat beli konsumen, dengan interaksi parasosial sebagai variabel mediasi, dalam konteks ulasan produk skincare di Tiktok. Persepsi kredibilitas influencer diukur melalui tiga dimensi utama yaitu trustworthiness (kepercayaan), expertise (keahlian), dan attractiveness (daya tarik). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantutatif dengan metode survei kuesioner online yang disebarkan kepada 204 responden pengguna Tiktok di Indonesia yang pernah melihat konten ulasan skincare dari influencer “Dokter Detektif” (Dokttif). Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitiian menunjukkan bahwa persepsi kredibilitas influencer berpengaruhh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen. Selain itu, interaksi parasosial juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, serta memediasi hubungan antara persepsi kredibilitas influencer dalam membangun kepercayaan dan keterlibatan emosional audiens. Implikasi praktisnya, pemasar dan merek yang memanfaatkan influencer marketing di Tiktok perlu memerhatikan faktor kredibilias serta mendorong keterhubungan emosional dengan audiens untuk meninngkatkan efektivitas promosi produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25247
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kredibilitas Influencer, Niat Beli, Interaksi Parasosial, Tiktok, Skincare
Subjects: I > I260 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Ashfa Rofiqoh
Date Deposited: 15 May 2025 04:45
Last Modified: 15 May 2025 04:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33577

Actions (login required)

View Item View Item