ARDIANSYAH, Prasetya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Teks Puisi terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Randudongkal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER TWMP.pdf Download (242kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
FILE LEGALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
FILE ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
![]() |
PDF (BabI)
FILE BAB I.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2026. Download (336kB) |
![]() |
PDF (BabII)
FILE BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2026. Download (516kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
FILE BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2026. Download (500kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
FILE BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
![]() |
PDF (BabV)
FILE BAB V.pdf Download (307kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
FILE LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Randudongkal. Permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi teks puisi yang menjadikan dasark dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi eksperimental design dengan design nonequivalent control group degsign. Populasi pada penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Randudongkal pada bahasa Indonesia materi teks puisi khususnya pada menulis teks puisi yang berjumlah 360 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Sampel pada penelitin ini berjumlah 72 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes pilihan ganda dan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, yaitu independent sample t-test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan: (1) Siswa yang menerapkan model pembelajaran project based learning memiliki nilai kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model konvensional; (2) Siswa yang menerapkan model pembelajaran project based learning memiliki nilai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (3) Siswa yang menerapkan model PjBL memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat mengoptimalkan kreativitas siswa selama proses pembelajaran puisi. Siswa yang menerapkan model pembelajaran project based learning memiliki tingkat kreativitas lebih tinggi. Selain itu, siswa yang menerapkan model project based learning juga mampu meningkatkan nilai hasil belajar lebih baik. Hal ini membuktikkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learnning dapat mendorong peningkatan kreativitas dan hasil belajar pada materi teks puisi terutama pada menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25106 |
Uncontrolled Keywords: | PjBL, kreativitas siswa, teks puisi, hasil belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Prasetya Ardiansyah |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:38 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |