AL FALAH, Azka faozan (2025) Pemanfaatan Objek Wisata Curug Telu sebagai Prasarana Aktivitas Luar Kelas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Download (24kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Download (44kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (134kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (58kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (73kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Download (44kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Download (111kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Azka Faozan Al Falah-I1E021013-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Latar Belakang : Aktivitas luar kelas merupakan metode pembelajaran yang menekankan pengalaman langsung di alam untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan hidup siswa. Pemanfaatan tempat-tempat wisata alam sebagai prasarana pembelajaran memberikan alternatif yang kontekstual dan menyenangkan dibandingkan pembelajaran konvensional di dalam kelas. Curug Telu, dengan potensi alamnya yang mendukung kegiatan edukatif seperti outbound, observasi lingkungan, dan canyoning, menjadi contoh lokasi efektif untuk mengintegrasikan pengalaman nyata ke dalam proses pembelajaran. Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari pengelola objek wisata curug telu, Guru PJOK dan siswa. Hasil Pembahasan : Hasil wawancara menunjukkan bahwa Curug Telu memiliki potensi besar sebagai lokasi kegiatan edukatif dan fisik, seperti outbound, hiking, camping, canyoning, observasi alam, dan pembelajaran tematik, berkat keindahan alamnya yang masih alami, aksesibilitas yang relatif mudah, serta dukungan pemandu bersertifikasi. Namun, fasilitas penunjang seperti toilet, mushola, dan area berkumpul masih terbatas karena status lahan yang sebagian besar merupakan tanah pribadi. Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa objek wisata Curug Telu memiliki infrastruktur dan fasilitas dasar yang cukup mendukung sebagai prasarana aktivitas luar kelas, meskipun masih perlu pengembangan. Keindahan alam, tiga air terjun, dan kelayakan lokasi menjadikan Curug Telu berpotensi untuk kegiatan edukatif seperti outbound, hiking, camping, canyoning, dan observasi alam. Tantangan meliputi keterbatasan lahan dan promosi. Guru dan siswa menilai lokasi ini efektif untuk melaksanakan aktivitas luar kelas. Rekomendasi meliputi peningkatan fasilitas, penguatan sistem keamanan, serta promosi melalui media sosial dan kerja sama dengan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I25228 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Luar Kelas, Pemanfaatan Objek Wisata, Curug Telu |
Subjects: | C > C1009 Cultural tourism C > C716 Concept learning O > O165 Outdoor education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Mr. AZKA FAOZAN AL FALAH |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:52 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |