DEWI, Munifa Afrinta (2025) The Role Of Using Model United Nations As An English Learning Model For International Relation Students (A Case Study of ESP Implementation in International Relation Students Study Program Batch 2022 at Universitas Jenderal Soedirman). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Download (18kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
![]() |
PDF (Abtrak)
ABSTRAK_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Download (129kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB 1 _Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB 2_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB 3_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB 4_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB 5_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Download (489kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Download (549kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Munifa Afrinta Dewi_J1E021053.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Model United Nations (MUN) merupakan model pembelajaran yang berbentuk simulasi peran yang meniru diplomasi internasional untuk menyelesaikan isu-isu dunia nyata. Banyak mahasiswa Hubungan Internasional di Universitas Jenderal Soedirman yang menghadapi kesulitan dalam penguasaan bahasa Inggris, khususnya dalam keterampilan membaca dan berbicara, meskipun sudah terdapat mata kuliah bahasa Inggris. Untuk mengatasi tantangan tersebut, MUN diimplementasikan sebagai model pembelajaran berbasis proyek (Project- Based Learning/PBL) dalam kurikulum Hubungan Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran MUN sebagai model pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa Hubungan Internasional dengan mengidentifikasi kebutuhan target mereka dalam konteks ESP serta menganalisis mengapa MUN dapat menjadi model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan analisis tematik, mengumpulkan data melalui wawancara semi- terstruktur dengan tiga mahasiswa Hubungan Internasional yang memiliki tingkat kemahiran bahasa Inggris berbeda (A2, B1, dan B2), seorang pengembang kurikulum, dan seorang asisten praktikum. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber data dan teori, dengan analisis kebutuhan berdasarkan kerangka kerja Hutchinson dan Waters, serta didukung oleh Hipotesis Affective Filter dari Krashen dan Hipotesis Output dari Swain. Temuan penelitian menunjukkan bahwa MUN menyediakan konteks penggunaan bahasa Inggris yang autentik, mendorong keterampilan berbicara aktif dan berpikir kritis, serta menciptakan lingkungan belajar dengan tingkat kecemasan rendah. Para partisipan menunjukkan peningkatan dalam kompetensi linguistik, kepercayaan diri, dan keterampilan komunikasi, yang mengindikasikan bahwa MUN cocok untuk memenuhi kebutuhan kognitif dan afektif, sehingga menjadikannya model yang sangat sesuai untuk pembelajaran ESP dalam pembelajaran Bahasa inggris untuk Hubungan Internasional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25104 |
Uncontrolled Keywords: | English for Specific Purposes (ESP), Model United Nations, Project-based Learning |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Munifa Afrinta Dewi |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:32 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |