Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

A Descriptive-Qualitative Study On The Implementation Of Teams Games Tournament (TGT) To Develop Reading Skills In Teaching Descriptive Texts At The Grade XI-2 Of SMAN 1 Bawang In The Academic Year Of 2024/2025

Damayanti, Hesa (2025) A Descriptive-Qualitative Study On The Implementation Of Teams Games Tournament (TGT) To Develop Reading Skills In Teaching Descriptive Texts At The Grade XI-2 Of SMAN 1 Bawang In The Academic Year Of 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB 2_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB 3_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB 4_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (BabV)
BAB 5_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf

Download (579kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf

Download (752kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_HESA DAMAYANTI_J1E020043_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Teams Games Tournament (TGT) adalah metode pembelajaran kooperatif yang menggabungkan kerja sama tim, permainan, dan turnamen akademik untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menganalisis penerapan metode TGT dalam mengembangkan keterampilan membaca dalam pengajaran teks deskriptif di kelas XI-2 SMAN 1 Bawang pada tahun ajaran 2024/2025, (2) Memahami respon siswa terhadap metode TGT dalam mengembangkan keterampilan membaca dalam pengajaran teks deskriptif di kelas XI-2 SMAN 1 Bawang pada tahun ajaran 2024/2025, dan (3) Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam penerapan metode TGT untuk mengembangkan keterampilan membaca dalam pengajaran teks deskriptif di kelas XI-2 SMAN 1 Bawang pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif, dengan sampel 36 siswa dari kelas XI-2 yang melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumen. Analisis data mengikuti model analisis tematik Braun and Clarke serta deskriptif statistik oleh Larson. Observasi dilakukan untuk menangkap dinamika kelas saat pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis TGT. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 100% siswa setuju atau sangat setuju bahwa TGT menciptakan suasana kompetitif (pertanyaan 4), membuat pembelajaran teks deskriptif menjadi menyenangkan (pertanyaan 7), dan memotivasi mereka untuk meningkatkan keterampilan membaca (pertanyaan 8). Namun, terdapat tantangan seperti 13,89% siswa mengalami kesulitan dalam kerja tim (pertanyaan 11), 19,44% merasa terganggu selama aktivitas TGT (pertanyaan 14), dan 66,67% mengalami kesulitan mengatur waktu (pertanyaan 15). Analisis dokumen berupa rencana pelajaran dan lembar kerja siswa menunjukkan adanya perencanaan terstruktur, partisipasi aktif siswa, serta aspek keterbacaan dan kosakata yang perlu didukung lebih lanjut. Metode TGT diimplementasikan secara efektif melalui lima tahapan terstruktur yaitu: presentasi kelas, pembentukan tim, permainan akademik, turnamen, dan pemberian penghargaan kelompok. Siswa merespons dengan positif, menganggap proses pembelajaran menjadi kompetitif, menarik, dan memotivasi. Namun demikian, tantangan dalam kerja tim, gangguan kelas, dan pengelolaan waktu selama fase turnamen masih perlu perhatian lebih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25128
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Reading Skills, Descriptive Text
Subjects: C > C716 Concept learning
S > S588 Speed reading
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Hesa Damayanti
Date Deposited: 21 May 2025 06:32
Last Modified: 21 May 2025 06:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33833

Actions (login required)

View Item View Item