Pengaruh Self Efficacy, Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Minat Baca Terhadap Kemandirian Belajar Kelas X SMAN 1 Purwokerto

NURCHASANAH, Eriza Herliana (2019) Pengaruh Self Efficacy, Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Minat Baca Terhadap Kemandirian Belajar Kelas X SMAN 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-2019.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-2019.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Eriza Herliana N-C1L015037-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan kepada siswa kelas X SMAN 1 Purwokerto yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No.73, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Self Efficacy, Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Minat Baca terhadap Kemandirian Belajar kelas X SMAN 1 Purwokerto”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar (2) untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar (3) untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar (4) untuk menganalisis pengaruh minat baca terhadap kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X pengambilan sampel menggunakan probability sample dengan menggunakan proportionate cluster random sampling. Dari hasil pengujian pada tabel diperoleh koefisien untuk variabel self efficacy sebesar 0,550, t hitung 6,766 dengan nilai sig 0,000 ≤ 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan (1) self efficacy berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa. Koefisien untuk variabel motivasi belajar sebesar 0,355, t hitung 3,335 dengan nilai sig 0,001 ≤ 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan (2) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa. Koefisien untuk variabel kecerdasan emosional sebesar 0,214 t hitung 2,177 dengan nilai sig 0,031 ≤ 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan (3) kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa. Koefisien untuk variabel minat baca sebesar 0,171 t hitung 2,288 dengan nilai sig 0,023 ≤ 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan (4) minat baca berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu (1) kemandirian belajar siswa akan meningkat apabila self efficacy ditingkatkan. Dengan siswa belajar tekun, mampu menyelesaikan tugas dan masalah yang dihadapi dengan penuh keyakinan sehingga memiliki tingkah laku yang baik dalam belajar. (2) Kemandirian belajar siswa akan meningkat apabila dalam diri siswa memiliki motivasi yang kuat dalam belajar. Motivasi belajar memiliki peran penting dalam memberi rangsangan, semangat dan rasa senang sehingga cenderung memberikan energi positif dalam proses belajar. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar. Dalam membentuk kemandirian belajar memiliki peran untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam bertindak serta tidak merasa bergantung pada orang lain. (4) Kemandirian belajar siswa akan meningkat apabila minat membaca buku ditingkatkan disertai dengan fasilitas buku di perpustakaan sekolah yang lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19180
Uncontrolled Keywords: self efficacy, motivasi belajar, kecerdasan emosional, minat baca, kemandirian belajar.
Subjects: S > S774 Study and teaching
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:25
Last Modified: 10 Jan 2020 02:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item