Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

An Analysis of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in English Assessment for Junior High School Based on Bloom’s Taxonomy (A Content Analysis of English Assessment in the 8th Grade of SMP Susteran Purwokerto)

PASARIBU, Yolanda Christy (2025) An Analysis of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in English Assessment for Junior High School Based on Bloom’s Taxonomy (A Content Analysis of English Assessment in the 8th Grade of SMP Susteran Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf

Download (268kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (381kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (636kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 May 2026.

Download (393kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf

Download (388kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_YOLANDA CHRISTY PASARIBU_J1E018016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kerangka kurikulum nasional Indonesia saat ini untuk mata pelajaran Bahasa Inggris berlandaskan pada konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang mengacu pada Taksonomi Bloom, sebuah tingkatan tujuan pendidikan yang diakui sebagai teori pendidikan paling berpengaruh dan unggul dalam dunia pendidikan, yang telah diterapkan secara luas di berbagai negara. Taksonomi ini dikenal sebagai panduan tujuan pendidikan dan dianggap sebagai teori pendidikan yang paling penting. Saat ini, taksonomi ini banyak digunakan sebagai dasar dalam kegiatan mengajar dan menilai siswa. Tujuan utama dari kurikulum ini adalah menghasilkan individu yang mampu berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui analisis terhadap soal Ujian Bahasa Inggris kelas VIII tahun ajaran 2024/2025 di SMP Susteran Purwokerto. Hasil temuan menunjukkan bahwa dari 50 butir soal yang dianalisis, hanya sebagian kecil yang memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Kriteria HOTS tersebut mencakup level C4 (Analisa), C5 (Evaluasi) dan C6 (Mencipta). Secara rinci, penelitian menemukan bahwa terdapat 8 soal (16%) yang berada pada level C4 (menganalisis), 3 soal (6%) pada level C5 (mengevaluasi), dan 2 soal (4%) pada level C6 (mencipta). Hasil penelitian ini dapat mendukung guru Bahasa Inggris dalam mengembangkan kompetensi dan kreativitas mereka dalam pembelajaran, serta menyusun tes Bahasa Inggris yang mengacu pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) berdasarkan taksonomi Bloom revisi dan disesuaikan dengan kurikulum sekolah yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25120
Uncontrolled Keywords: higher order thinking skills, junior high school examination paper, creative and critical thinking
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Yolanda Christy Pasaribu
Date Deposited: 23 May 2025 02:12
Last Modified: 23 May 2025 02:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34084

Actions (login required)

View Item View Item