TSUROYYA, Elva (2025) Studi Kasus Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Majenang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025.pdf Download (194kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025.pdf Download (404kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2026. Download (896kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 26 May 2026. Download (2MB) |
![]() |
PDF (BabaIII)
BAB III-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025 (1).pdf Restricted to Repository staff only until 26 May 2026. Download (239kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025 (1).pdf Download (221kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025 (1).pdf Download (324kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Elva Tsuroyya-J1D020007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis puisi menggunakan model Problem Based Learning di kelas VIII A SMPN 2 Majenang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII A dan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan model Problem Based Learning ini mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi secara signifikan. Menggali ide melalui masalah yang ada di sekitar lingkungan siswa. Dengan adanya kelompok diskusi siswa ini memudahkan untuk siswa menyelesaikan kendala dalam menulis puisi, serata memberikan pengalaman berbagi pusi yang meningkatkan kepercayan diri siswa. Serta Menghasilkan karya puisi yang kretif dan berstruktur. Model Problem Based Learning terbukti mampu efektif menarik minat siswa, memperjelas elemen puisi seperti diksi, gaya bahasa, dan struktur, serta mendorong kretivitas siswa. Kesimpulannya, model Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis puisi. Peneliti merekomendasikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning ini secara luas diberbagai jenjang pendidikan. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengkaji model pembelajaran ini pada aspek pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25140 |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran puisi, Problem Based Learning, keterampilan menulis, studi kasus, SMP |
Subjects: | P > P364 Poetry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs. ELVA TSUROYYA |
Date Deposited: | 26 May 2025 01:07 |
Last Modified: | 26 May 2025 01:07 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |