Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Internal and External Factors on Purchase Intention Hyundai Ioniq 5

SHIDQI, Sami Murtadho (2025) Internal and External Factors on Purchase Intention Hyundai Ioniq 5. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf

Download (309kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 June 2026.

Download (360kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (717kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 June 2026.

Download (510kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf

Download (315kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Sami Murtadho Shidqi-C1H020009-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia, pengembangan industri kendaraan listrik juga mendapat perhatian khusus. Pemerintah Indonesia telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mendorong adopsi kendaraan listrik, termasuk insentif pajak, pengurangan bea impor, dan investasi dalam infrastruktur pengisian daya. Beberapa produsen otomotif, termasuk Hyundai, telah memperkenalkan model kendaraan listrik mereka di pasar Indonesia, yang diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen terhadap kendaraan listrik. Landasan teoretis dari penelitian ini adalah Teori Atribusi, yang menjelaskan bagaimana faktor internal; kebutuhan konsumen dan persepsi merek serta faktor eksternal; komunikasi pemasaran mempengaruhi niat beli. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik secara teoretis maupun praktis dengan memberikan wawasan bagi bisnis di industri kendaraan listrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring yang disebarkan di seluruh Indonesia pada bulan Agustus 2024. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah item skala Likert, dan analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Ukuran sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik nonprobabilitas purposive sampling, yang menghasilkan 107 responden yang memenuhi kriteria tertentu: mengenal Hyundai Ioniq 5, berdomisili di Indonesia, dan berusia antara 25–60 tahun. Data yang terkumpul dianalisis melalui berbagai uji statistik, termasuk uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas, untuk memastikan validitas dan reliabilitas model. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data dengan SPSS, ditemukan bahwa (1) Kebutuhan konsumen akan keunikan berdampak positif terhadap niat beli. (2) Persepsi harga memainkan peran penting dalam niat beli. (3) Persepsi merek memiliki efek positif terhadap niat beli. (4) Kredibilitas merek berkontribusi pada peningkatan niat beli. (5) Citra merek yang kuat secara signifikan meningkatkan niat beli. (6) Komunikasi pemasaran meningkatkan niat beli. Penelitian ini memiliki implikasi manajerial dan teoretis yang penting. Dari perspektif manajerial, Hyundai dapat meningkatkan daya tarik konsumen dengan meningkatkan desain mobil untuk memenuhi preferensi keunikan, menawarkan promosi yang menarik untuk mengatasi persepsi harga, memperkuat fitur produk untuk meningkatkan persepsi merek, dan memastikan layanan purna jual yang berkualitas untuk meningkatkan kredibilitas merek. Selain itu, investasi dalam upaya pemasaran seperti pertemuan komunitas dan acara mobil dapat memperkuat citra merek dan keterlibatan. Secara teoretis, penelitian ini menyarankan agar penelitian lebih lanjut mengeksplorasi variabel tambahan seperti negara asal dan persepsi kualitas untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor niat beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25311
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan konsumen akan keunikan, persepsi harga, persepsi merek, kredibilitas merek, citra merek, komunikasi pemasaran, niat beli, Hyundai Ioniq 5, pasar kendaraan listrik, keberlanjutan
Subjects: P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr. Sami Murtadho Shidqi
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:06
Last Modified: 16 Jun 2025 01:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34430

Actions (login required)

View Item View Item