AL AZIZ, Dito Baskoro (2016) Tanggung Jawab Maskapai Penerbangan Domestik Sebagai Pelaku Usaha Angkutan Udara Dalam Hal Terjadinya Keterlambatan (Delay) Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Download (529kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Download (611kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 23 June 2026. Download (657kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 23 June 2026. Download (867kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 23 June 2026. Download (525kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Download (520kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DITO BASKORO AL AZIZ -E1A011143-2016.pdf Download (526kB) |
Abstract
Peningkatan jumlah pengguna jasa transportasi udara menjadi salah satu faktor pendukung perkembangan dan pertumbuhan industri penerbangan. Pesatnya perkembangan transportasi udara saat ini sudah seharusnya diimbangi dengan peningkatan pelayanan dan jaminan keselamatan khususnya mengenai ketepatan waktu penerbangan. Namun maskapai penerbangan di Indonesia masih sering mengalami permasalahan terkait keterlambatan maupun pembatalan penerbangan yang berakibat kerugian terhadap pengguna jasa penerbangan. Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjelaskan bahwa faktor utama adalah karena masih rendahnya tingkat kesadaran konsumen akan haknya. Hak-hak yang didapatkan oleh konsumen masih sering diabaikan oleh pelaku usaha. Terutama dalam hal ketepatan waktu penerbangan yang seharusnya sangat diperhatikan oleh maskapai penerbangan selaku pelaku usaha. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengambil judul Tanggung Jawab Maskapai Penerbangan Domestik sebagai Pelaku Usaha Angkatan Udara dalam hal terjadinya keterlambatan (delay) di PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. ditinjau dari Undangundang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari bahan kepustakaan yang didukung dengan data primer dari hasil wawancara. Data berupa uraian yang disusun secara urut dan sistematis. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh penumpang selaku konsumen, kecuali apabila pengangkut dapat membuktikan bahwa keterlambatan tersebut disebabkan oleh faktor cuaca dan teknis operasional.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16001 |
| Uncontrolled Keywords: | Angkutan Udara. Tanggung Jawab Pengangkut. Keterlambatan Penerbanga |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:16 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
