FITRIANI, Tri Eva (2019) Analisis Komparasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Edmodo Dengan Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Efektivitas Pembelajaran (Studi Komparasi pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-2019.pdf Download (3MB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-2019.pdf Download (637kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (BabII)
BAB-II-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BabIII)
BAB-III-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BabIV)
BAB-IV-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BabV)
BAB-V-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf Download (645kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu penerapan model pembelajaran flipped classroom dan inkuiri pada kelas X IPS SMA N 1 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model flipped classroom dengan model inkuiri; (2) perbedaan efektivitas pembelajaran model flipped classroom dengan model inkuiri; (3) pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) pengaruh model pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran. Desain penelitian ini adalah Matching Pretest-Posttest Comparation Group Design. Perlakuan diberikan kepada 57 siswa kelas X IPS SMA N 1 Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t, regresi, dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model flipped classroom berbasis Edmodo dengan inkuiri. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan model flipped classroom lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model inkuiri; (2) Tidak terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran antara model model flipped classroom berbasis Edmodo dengan inkuiri. Lebih lanjut, model flipped classroom lebih efektif dibandingan dengan model inkuiri dalam pembelajaran ekonomi; (3) Model pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) Model pembelajaran berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19333 |
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Edmodo, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Efektivitas Pembelajaran |
Subjects: | C > C843 Cooperative learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 07:56 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 07:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3463 |
Actions (login required)
View Item |