Analisis Komparasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Edmodo Dengan Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Efektivitas Pembelajaran (Studi Komparasi pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Purwokerto)

FITRIANI, Tri Eva (2019) Analisis Komparasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Edmodo Dengan Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Efektivitas Pembelajaran (Studi Komparasi pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-2019.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-2019.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tri Iva Fitriani-C1L015043-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu penerapan model pembelajaran flipped classroom dan inkuiri pada kelas X IPS SMA N 1 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model flipped classroom dengan model inkuiri; (2) perbedaan efektivitas pembelajaran model flipped classroom dengan model inkuiri; (3) pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) pengaruh model pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran. Desain penelitian ini adalah Matching Pretest-Posttest Comparation Group Design. Perlakuan diberikan kepada 57 siswa kelas X IPS SMA N 1 Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t, regresi, dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model flipped classroom berbasis Edmodo dengan inkuiri. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan model flipped classroom lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model inkuiri; (2) Tidak terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran antara model model flipped classroom berbasis Edmodo dengan inkuiri. Lebih lanjut, model flipped classroom lebih efektif dibandingan dengan model inkuiri dalam pembelajaran ekonomi; (3) Model pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) Model pembelajaran berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19333
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Edmodo, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Efektivitas Pembelajaran
Subjects: C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:56
Last Modified: 16 Jan 2020 07:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3463

Actions (login required)

View Item View Item