BERUTU, Daniel Sarmono (2025) Analisis Kinerja Pemasaran UMKM: Literasi Digital, Promosi Media Sosial, dan Faktor Moderasi Kesiapan Teknologi. (Studi pada UMKM Kuliner di Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Download (968kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Download (721kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2026. Download (804kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2026. Download (980kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2026. Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Download (779kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Download (680kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Daniel Berutu-C1B021009-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Penelitian ini mengambil judul “Analisis Kinerja Pemasaran UMKM: Literasi Digital, Promosi Media Sosial, dan Faktor Moderasi Kesiapan Teknologi (Studi pada UMKM Kuliner di Purwokerto)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital, promosi media sosial, dan faktor moderasi kesiapan teknologi terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM kuliner di Purwokerto. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan software IBM SPSS menunjukkan bahwa: (1) Literasi digital berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, (2) Promosi media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, (3) Kesiapan teknologi tidak memoderasi hubungan antara promosi media sosial terhadap kinerja pemasaran. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu berfokus pada peningkatan daya saing UMKM kuliner melalui pemanfaatan teknologi digital dan media sosial. Untuk itu, perlu ada peningkatan literasi digital bagi pelaku UMKM, dengan menyelenggarakan pelatihan yang berfokus pada pengelolaan media sosial dan strategi digital marketing. Selain itu, pengembangan strategi promosi melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, serta pemanfaatan fitur seperti iklan berbayar dan kerjasama dengan influencer, dapat meningkatkan efektivitas pemasaran. Peningkatan infrastruktur dan akses teknologi, terutama di daerah dengan kendala konektivitas, juga diperlukan untuk mendukung pemasaran digital. Terakhir, pendampingan dan dukungan melalui program mentoring atau kolaborasi dengan akademisi dan praktisi bisnis digital akan membantu UMKM mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, sehingga meningkatkan daya saing mereka di pasar digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25330 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Promosi Media sosial, Kinerja Pemasaran |
Subjects: | M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr. DANIEL SARMONO BERUTU |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:10 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 01:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |